Kepala BPSDMP Dorong 209 Lulusan BP2TL Inovatif dan Kreatif

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 30/Des/2022 13:59 WIB
Kepala BPSDMP Djoko Sasono saat akan melantik wisudawan BP2TL Kepala BPSDMP Djoko Sasono saat akan melantik wisudawan BP2TL

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Djoko Sasono menyatakan, kualitas sumber daya manusia (SDM) transportasi mencerminkan wajah keunggulan suatu bangsa. Oleh karena itu, peningkatan SDM transportasi harus sejalan dan sinergi dengan pembangunan dan kemajuan suatu bangsa. 

Djoko menyampaikannya di sela memimpin Upacara Pelepasan Perwira Diklat Pelaut Peningkatan Tingkat III Angkatan VI serta Diklat Pelaut Peningkatan Tingkat IV dan V Angkatan XV Bidang Keahlian Nautika dan Teknika Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BPPTL) Jakarta di Museum Transportasi TMII, Kamis (29/12/2022).

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

"Saya ajak para lulusan untuk menggunakan moment ini dengan rasa optimisme untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam upaya pemulihan sektor transportasi lebih cepat dan bangkit lebih kuat untuk kemajuan bangsa," tuturnya.

Saat ini pemulihan sektor transportasi membutuhkan inovasi, kreativitas, dan peningkatan kualitas SDM yang andal, tangguh dan memiliki budaya melayani.

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

"Saya ucapkan selamat kepada para lulusan yang telah berhasil menyelesaikan Diklat Pelaut Peningkatan Tingkat III Angkatan VI serta Diklat Pelaut Peningkatan Tingkat IV dan V Angkatan XV Bidang Keahlian Nautika dan Teknika, semoga sukses dan kebahagiaan yang meliputi suasana wisuda ini menjadi pendorong semangat para lulusan dalam mengemban tugas untuk memberikan pelayananan kepada masyarakat serta mengabdikan diri sebagai insan maritim," ungkapnya.

Kepala BPSDMP juga berharap para lulusan dapat memberikan pelayanan transportasi yang mengutamakan safety, security, service, dan accebility kepada masyarakat, dengan menerapkan nilai-nilai PRESTASI (Profesional, Etika, Standar Global dan Integritas).

Baca Juga:
Plt. Kepala BPSDMP Imbau Lulusan PIP Makassar Jadi Agen Perubahan Keselamatan Pelayaran

Senada dengan hal tersebut di atas, Kepala BPPTL, Dr. Asmul Khairi melaporkan bahwa dalam meningkatkan pelayanan transportasi yang safety, security, service, dan accebility maka para lulusan telah dibekali kompetensi dan profisensi serta tanggung jawab kepemimpinan dalam bernavigasi, pengoperasian dan pemeliharaan mesin kapal selama kapal beroperasi.

“Para lulusan BPPTL ini telah dibekali kompetensi untuk menjalankan fungsi-fungsi dalam pengoperasian kapal, pada ANT yaitu navigasi, penanganan dan pengaturan muatan, pengendalian dan pengoperasian kapal," jelasnya. 

Pada ATT meliputi pengendalian pengoperasian kapal dan perlindungan orang, listrik, elektronika dan Sistem Kontrol, Permesinan Kapal, serta Perawatan dan Perbaikan Permesinan.

Pada wisuda kali ini, BPPTL Jakarta meluluskan 209 orang, yang terdiri dari 10 (sepuluh) orang Ahli Nautika Tingkat III (ANT-III), 35 (tiga puluh lima) orang Ahli Nautika Tingkat IV (ANT-IV), 25 (dua puluh lima) orang Ahli Teknika Tingkat IV (ATT-IV), 90 (sembilan puluh) orang ANT-V  dan 49 (empat puluh sembilan) orang ATT-V. (omy)