Pelabuhan Panjang Siap jadi Alternatif Pelayanan di Libur Tahun Baru

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 31/Des/2022 04:54 WIB
Pelabuhan Panjang Pelabuhan Panjang


BANDAR LAMPUNG (BeritaTrans.com) - Pelabuhan Panjang Lampung siap menjadi pelabuhan alternatif apabila Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheni mengalami kepadatan pada periode libur Tahun Baru 2023.

Pelaksana Tugas Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang Novian Eldi menyampaikan, Pelabuhan Panjang siap mendukung kelancaran operasional Angkutan Tahun Baru.

Baca Juga:
Kapal Ferry KMP Tranship 1 Terbakar di Pelabuhan Bakauheni

"Jika terjadi kepadatan di Merak-Bakauheni pada waktu peak session maka rute kapal-kapal dapat dialihkan melalui Pelabuhan Indah Kiat Merak ke Panjang Lampung," ujar  Novian di Panjang, Jumat (30/12/2022).

Kedua pelabuhan tersebut selama ini digunakan untuk sandar kapal milk PT Atosim mengangkut kendaraan truck logistik rute Panjang-Ciwandan Cilegon atau dermaga PT Indah Kiat Merak.
 
Namun, secara situasional Pelabuhan Indah Kiat dan Panjang dapat dioperasikan sebagai penunjang, menunggu instruksi lanjut dari Kementerian Perhubungan.

Baca Juga:
Geliat Optimalisasi Aset, Subholding Pelindo Solusi Logistik Garap Depo Petikemas Pelabuhan Panjang

Ada dermaga sepanjang sekitar 400 meter guna menunjang kapal-kapal bersandar dan melakukan kegiatan bongkar muat kendaraan di Pelabuhan Panjang. 

"Dermaga ini memang sudah difungsikan secara reguler untuk melayani kapal-kapal logistik," ucapnya.

Baca Juga:
Kakorlantas Apresiasi Pemudik Kooperatif saat Antre di Pelabuhan Bakauheni

Dermaga tersebut bisa melayani hingga dua kapal sekaligus yang memiliki ukuran 6.000 GT dan dilengkapi dengan buffer area dan lapangan penumpukan.

Selain itu, menurut Novian lokasi Pelabuhan Panjang yang berada di teluk cenderung lebih aman dari ancaman cuaca ekstrem, ketimbang di Pelabuhan Merak atau Bakauheni.

"Setiap hari di Pelabuhan Panjang memiliki kegiatan rutin yakni pelayaran rutin kapal 
PT Atosim Lampung Pelayaran dan kapal-kapal logistik yang memuat berbagai komoditi seperti hasil pertanian dan perkebunan. Jadi peran Pelabuhan Panjang sebagai pelabuhan logistik sangat penting bagi masyarakat Lampung dan sekitarnya," katanya.

Adapun Pelabuhan Panjang memiliki dermaga yang cukup lengkap, yakni dermaga umum, multipurpose, ada juga dermaga untuk peti kemas, dermaga curah cair dan curah padat. 

Di sana juga beroperasi sejumlah Terminal Khusus (Tersus) dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS).

Sementara di Pelabuhan Bakauheni juga telah bersiap menghadapi libur Tahun Baru 2023. 

Namun menurut Kepala Kantor KSOP Kelas IV Bakauheni Capt. Tommy Aronda, lonjakan kepadatan saat periode Natal dan Tahun Baru tidak terlalu signifikan jika dibandingkan saat Angkutan Lebaran.

"Kami KSOP Bakauheni memiliki peran sebagai pengawas di bidang keselamatan pelayaran, termasuk memastikan jumlah penumpang sesuai dengan kapasitas kapal, termasuk saat Angkutan Nataru ini," kata Capt. Tommy    

Selain angkutan penumpang, Pelabuhan Bakauheni juga melayani angkutan logistik yang berada di bawah pengelolaan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Bandar Bakau Jaya. Pelabuhan ini melayani kapal-kapal yang mengangkut truk bermuatan logistik hingga muatan kendaraan roda empat. (omy)