KAI Commuter Ambil Alih Operasional KA Bandara Soekarno-Hatta?

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 04/Janu/2023 08:58 WIB
Postingan di Instastory KAI Commuter menampilkan apa yang baru di tahun 2023. Postingan di Instastory KAI Commuter menampilkan apa yang baru di tahun 2023.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI Commuter mengumumkan pada story Instagram bahwa akan melayani KA Bandara Soekarno-Hatta. Hal tersebut disampaikan pada postingan pihak KAI Commuter terlihat pada Senin (2/1/2023).

"Yang baru tahun 2023 di KAI Commuter," tampak tulisan pada postingan instastory tersebut.

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

Terlihat postingan juga menampilkan Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan juga jalur KA, stasiun yang akan dilewati kereta. 

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Setelah cukup lama, akhirnya kepastian mengenai nasib KA Bandara Soekarno Hatta sudah bisa dibantikan.

Rencana pengambilalihan operasional KA Bandara Soekarno Hatta oleh KAI Commuter sebenarnya sudah direncanakan sejak lama.

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

Dalam persentasinya di focus group discussion Dewan Transportasi Kota Jakarta yang diikuti oleh sejumlah stakeholder pada 2021 lalu, KAI Commuter menyebutkan rencana penugasan KAI Commuter sebagai operator KA Bandara Soekarno Hatta. 

Integrasi operasional pun mulai dilakukan perlahan mulai dari penggunaan KMT untuk KA Bandara Soekarno Hatta hingga Commuter Line yang berhenti reguler di Stasiun BNI City. Rencana yang terakhir ini pun terwujud pada 30 Juli 2022 silam, di mana KRL Commuter Line berhenti di Stasiun BNI City.(fhm)