Menhan Terima Anugerah Bintang Kehormatan LVRI

  • Oleh : Naomy

Kamis, 05/Janu/2023 18:37 WIB
Menhan Prabowo dan Ketua LVRI Menhan Prabowo dan Ketua LVRI


JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima anugerah Bintang Kehormatan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). 

Bintang Kehormatan LVRI itu dikalungkan oleh Ketua Umum DPP LVRI Letjen TNI (Purn) HBL Mantiri dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-66 LVRI di Jakarta, Kamis (5/1/2023).

Baca Juga:
Menonjol, Sikap Kenegarawanan Prabowo Subianto Sebagai Menteri Pertahanan Indonesia Teruji

“Kehormatan bagi saya menerima Bintang Kehormatan Legiun Veteran ini dan ini mengingatkan bahwa saya juga seorang veteran,” ujar Prabowo usai menerima anugerah tersebut.

Dia mengungkapkan,  mendapat perlakuan khusus mungkin karena mantan anak buah Letjen Mantiri. Ini yang disebut ‘jiwa corsa’; suatu hubungan yang sekali jadi panglima selamanya panglima.

Baca Juga:
Prabowo Resmikan Kapal Cepat Rudal Baru Buatan PT PAL

"Sekali komandan selamanya komandan, sekali senior selamanya senior. Ini tradisi yang baik," katanya.

Sebagai tentara pejuang, dari muda sudah teken siap mati untuk kejayaan Republik ini. Masalah kejiwaan ini tak bisa dianggap remeh. Pertempuran itu taruhannya nyawa dan yang berhasil mengajak anak buahnya menghadapi maut, tak bisa kita lupakan begitu saja.

Baca Juga:
Menhan Amerika Telpon Prabowo, Ngomongin soal Pertahanan Maritim

“Kita pernah berjuang bersama. Kita bangga dan hormat pada senior dan veteran yang masih hidup dan penuh semangat," imbuh Prabowo.

Sebelumnya Mantiri mengatakan, penganugerahan Bintang LVRI bagi Menhan Prabowo merupakan penghargaan atas darma baktinya untuk perkembangan dan kemajuan LVRI. 

“Kami ucapkan selamat dan terima kasih,” ucapnya.

Selain itu, LVRI juga menyerahkan Tanda Kehormatan Veteran Pembela Kemerdekaan RI, berupa Bintang Seroja, kepada Kolonel (Purn) Baru Sanusi. 

“Ini tradisi baru dalam peringatan HUT LVRI,” ungkap Mantiri.

Hikmah dari peringatan HUT LVRI, kata Mantiri, harus instrospeksi dan evaluasi diri. Berbagai tantangan dan hambatan pasti akan terus ada. Hambatan bukan pelemahan, tapi akan menjadikan kita kuat.

Pengalaman membuktikan bahwa dengan dedikasi dan pengabdian tanpa pamrih, organisasi LVRI tetap eksis dan solid. 

“LVRI di tengah-tengah dinamika politik akan tetap berada di garis lurus perjuangan mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutur Mantiri. (omy)