Polisi Pastikan Pengemudi Mercy Berpelat RFS yang Acungkan Senjata di Tol Tangerang Warga Sipil

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 21/Janu/2023 17:47 WIB
Tangkapan layar video yang memperlihatkan pengemudi mobil Mercy dengan pelat nomor RFS disebut melakukan aksi koboi di jalan tol.(TWITTER) Tangkapan layar video yang memperlihatkan pengemudi mobil Mercy dengan pelat nomor RFS disebut melakukan aksi koboi di jalan tol.(TWITTER)

JAKARTA (Beritatrans.com) - Polisi memastikan pengemudi mobil Mercedes-Benz bernomor pelat B 2465 RFS yang mengacungkan diduga senjata api ke sopir bus merupakan warga biasa atau sipil.

Aksi koboi yang dilakukan pengemudi mobil Mercy berwarna hitam itu dikabarkan terjadi di pintu keluar Tol Tangerang pada Kamis (19/1/2023) pagi.

"Warga sipil betul. Kalau kita lihat datanya, kalau (nomor kendaraannya) kepala satu itu sudah pasti punya pemerintah," ujar Kepala Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Tol Tangerang-Jakarta, Komisaris Polisi Suwito, Jumat (20/1/2023).

Baca Juga:
Mobil Pakai Pelat RF dan Rotator Arogan di Jalan, Polisi: STNK Dicabut!

Sebagai informasi, nomor kendaraan berakhiran RFS merupakan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) untuk pejabat negara.

Penggunaan plat nomor ini diatur kepolisian melalui Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2012 tentang Rekomendasi STNK dan TNKB (pelat motor) khusus dan rahasia bagi kendaraan bermotor dinas.

Namun ada perbedaan nomor polisi (berkode) RFS yang digunakan pada mobil Mercy itu dengan milik pejabat khusus.

Baca Juga:
Polisi Terima 2 Laporan soal Dugaan Penipuan Kapten Vincent, Total Kerugian Rp 60 Juta

Adapun mobil Mercy itu memiliki nopol empat angka yang diawali dengan angka 2 yakni B 2465 RFS.

Suwito mengatakan, nopol ini dapat digunakan oleh masyarakat biasa atau sipil dengan beberapa persyaratan.

"Kalau RF itu ada dua, kalau kepala 1 itu untuk pejabat negara atau pemerintahan itu rahasia. Kalau kepala dua itu memang dijual. Artinya dipakai untuk umum. Kepala dua bukan dari pemerintahan, itu orang sipil," ucap Suwito.

Suwito saat dikonfirmasi sebelumnya mengaku baru mendapatkan informasi soal insiden aksi koboi pengemudi mobil Mercy kepada sopir bus itu.

Berdasarkan penelusuran dan penelitian dari video yang beredar, ia menduga insiden itu terjadi di Kilometer 18 atau 19 dekat Pintu Tol Tangerang.

"Kalau kita lihat kilometer berapa ataupun tekstur jalan, itu kaya di Tanggerang. Karna tidak ada pelaporan juga," ucap Suwito.

Sebelumnya, video yang memperlihatkan perselisihan sejumlah orang dengan pengemudi mobil Mercedes-benz berwarna hitam bernomor pelat B 2465 RFS, viral di media sosial.

Video rekaman tersebut tersebar di akun Twitter @kenzo39526996. Dalam video itu tampak sejumlah orang mengenakan pakaian kemeja berwarna biru dongker berselisih dengan sopir mobil tersebut.
(ny/Sumber:Kompas.com)