Jokowi Sebut Pembangunan Sodetan Kali Ciliwung Selesai April Tahun Ini

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 24/Janu/2023 12:24 WIB
Presiden Joko Widodo Saat Meninjau Proyek Pembangunan Sodetan Kali Ciliwung, Jakarta, Senin (24/1/2023). (ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga) Presiden Joko Widodo Saat Meninjau Proyek Pembangunan Sodetan Kali Ciliwung, Jakarta, Senin (24/1/2023). (ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga)

Jakarta (BeritaTrans.com) - Presiden Joko Widodo mengatakan, pembangunan Sodetan Kali Ciliwung yang bertujuan untuk mengatasi banjir di DKI Jakarta akan selesai pada april tahun ini.

"Sebentar lagi akan selesai, mungkin bulan april, insya Allah selesai, Sodetan Ciliwung yang sudah berhenti enam tahun," kata Jokowi saat meninjau proyek pembangunan Sodetan Kali Ciliwung di Jakarta, Selasa (24/01/2023).

Jokowi menambahkan selama 1,5 bulan terakhir, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membebaskan lahan untuk pembangunan sodetan tersebut. Dengan demikian, pengeboran untuk pengerjaan sodetan dapat dilanjutkan kembali setelah terhenti cukup lama.

Setelah pembangunan sodetan tersebut rampung, Jokowi meyakini luas lahan yang rawan tergenang banjir di Jakarta akan berkurang signifikan.

"Kalau Sodetan Ciliwung sudah dibuka, dengan status banjir siaga IV, Sodetan Ciliwung akan mengurangi 33 meter kubik per detik, kemudian kalau siaga I, 63 meter kubik per detik, gede sekali," kata Jokowi.

"Terowongan Sodetan Ciliwung ini memiliki panjang 1,3 kilometer. Saluran kanannya 3,2 meter, saluran kirinya 3,25 meter. Kalau nanti sudah berfungsi, akan sangat mengurangi banjir di Jakarta," ujar Jokowi.

Setelah Sodetan Ciliwung selesai dibangun, upaya penanganan banjir Jakarta akan dilanjutkan dengan memaksimalkan pompa di sungai dan normalisasi sungai-sungai yang melintasi DKI Jakarta. Kemudian, upaya lain ialah terkait pembangunan tanggul laut untuk mengatasi banjir rob di wilayah utara Jakarta.

Baca Juga:
Resmikan Pabrik Biodiesel, Jokowi Ingin Segera Tinggalkan Penggunaan Bahan Bakar Fosil

"Banjir rob, baik dengan tanggul laut dan giant sea wall, sudah saya perintahkan (PJ) Gubernur DKI Jakarta," ujar Jokowi. (Sof/Antaranews.com).

Baca Juga:
Presiden Joko Widodo Meresmikan Bendungan Kuningan Guna Penuhi Kebutuhan Air