Perhatikan 6 Hal Ini Agar Terhindar dari Kecelakaan di Jalan

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 28/Janu/2023 14:03 WIB
Foto:Ilustrasi mobil alami kecelakaan. Foto:Ilustrasi mobil alami kecelakaan.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pengemudi mobil harus memahami hal-hal yang perlu dihindari saat melakukan perjalanan. Tujuannya, agar terhindar dari kecelakaan. Banyak sekali kecelakaan terjadi lantaran pengendara tidak fokus.

“Ada berbagai macam sikap dan perilaku berkendara yang berbahaya di jalan. Perhatikan dengan seksama, jaga jarak aman, serta fokus dan waspada supaya terhindar dari kecelakaan,” kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000 dikutip BeritaTrans.com, Sabtu (28/1/2023).

Baca Juga:
Tips Berkendara Aman di Jalan Tol, Ini yang Perlu Diperhatikan!

Melihat banyak kecelakaan yang diakibatkan kelalaian mengemudi, Auto2000 membagikan 6 tips untuk diwaspadai oleh pengendara untuk menghindari kecelakaan.

1. Manuver Sembarangan

Baca Juga:
Gegara Sopir Mau Ambil HP, Mobil Fortuner Malah Nyemplung ke Kali di Tebet

Masih banyak pengguna kendaraan bermotor yang tidak mematuhi aturan lalu lintas sehingga melakukan manuver sembarangan. Misalnya, pindah lajur tanpa memperhatikan mobil lain di sekitarnya.

Ketika melihat hal tersebut, maka jangan ragu untuk segera menjaga jarak aman dan tidak terprovokasi oleh tindakan mereka.

2. Melawan Arah

Tidak hanya sepeda motor, pengemudi mobil juga ada yang nekat melawan arah demi kepentingannya sendiri. Meski salah, sebaiknya tidak terpancing emosi atas hal tersebut dan berusaha menjaga jarak aman dengan cara menghindar.

3. Salah Memberikan Sinyal

Ada banyak pengendara yang tidak memberikan sinyal dengan tepat, seperti menyalakan sein kanan saat akan berbelok ke kiri. Bahkan, mereka tidak memberikan tanda apa pun, misalnya lambaian tangan. Untuk itu, penting bagi untuk tetap menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan.

4. Bermain Ponsel

Memainkan ponsel dengan alasan apa pun tidak diperbolehkan ketika sedang mengendarai mobil. Perilaku tersebut akan memecah fokus pengemudi dan bisa menyebabkan mobil pindah jalur tanpa disadari.

5. Lampu Rem Mati

Masih banyak pengemudi yang tidak peduli lampu rem mobilnya berfungsi dengan baik atau tidak. Padahal, lampu rem sangat penting sebagai tanda bagi kendaraan di belakangnya untuk bersiap melakukan pengereman. Hindari mengikuti dari belakang kendaraan yang lampu remnya mati, seperti dengan pindah lajur atau menyalip saat kondisi lalu lintas aman.

6. Membunyikan Klakson Seenaknya

Membunyikan klakson seenaknya dapat memicu emosi pengendara lain, hingga tak jarang terjadi perselisihan. Untuk mengatasinya, pengendara harus bisa menahan emosinya dan tidak terpengaruh dengan sikap mereka. Bahkan, berikan jalan kepada mereka jika memungkinkan untuk menciptakan suasana yang kondusif.(fhm/sumber:sindonews)