DPR Mengingatkan LRT Jabodebek Harus Terkoneksi dengan Berbagai Moda Transportasi

  • Oleh : Redaksi

Senin, 30/Janu/2023 11:32 WIB
Rangkaian kereta LRT Jabodebek. ANTARA/HO-PT KAI/am Rangkaian kereta LRT Jabodebek. ANTARA/HO-PT KAI/am

Jakarta (BeritaTrans.com) - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung mengingatkan, Light Rail Transit (LRT) yang menghubungkan beberapa kota meliputi Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) harus bisa terkoneksi dengan berbagai moda transportasi yang ada di sekitar wilayah tersebut.

Menurut Martin, LRT akan melintasi wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi, di mana fasilitas transportasi yang dimiliki setiap kota berbeda-beda seperti angkot, TransJakarta, dan moda transportasi lainnya.

"Satu catatan saya, jangan lupa ke depan LRT ini harus bisa terkoneksi dengan berbagai moda transportasi yang ada di kota lainnya seperti angkot, TransJakarta dan lainnya. Ini tantangan tersendiri ke depan agar LRT kita sama dengan LRT di luar negeri di mana penumpang tidak perlu repot-repot membeli karcis yang berbeda-beda," ujar Martin dalam keterangannya di Jakarta, Senin (30/01/2023).

Keselamatan LRT Jabodebek wajib menjadi aspek terpenting agar kepercayaan masyarakat terhadap transportasi publik nasional semakin bagus.

"Kalau berhasil maka akan mengurangi kepadatan dan tingkat kemacetan di Jabodebek," kata Martin.

Martin juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas sambutan dari segenap mitra kerja BUMN yaitu PT ADHI Karya (Persero), PT Industri Kereta Api atau PT INKA (Persero) dan PT KAI (Persero) saat Komisi VI DPR RI meninjau LRT Jabodebek tersebut.

"Kami berharap ini menjadi satu kisah sukses ke depan agar negara kita ini juga memiliki sistem transportasi LRT yang melengkapi keseluruhan moda transportasi lainnya," kata Martin.

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Jumat 29 Maret, Promo Tarif Maksimal Berlaku di Hari Libur Ini!

Sebelumnya, Direktur Keuangan, SDM, dan Manajemen Risiko selaku Pejabat Sementara Direktur Utama PT INKA (Persero) Andy Budiman mengatakan, LRT Jabodebek  diperkirakan siap beroperasi pada pertengahan tahun sekitar bulan Juli 2023.

Hal ini akan menjadi pembuktian ke pasar global bahwa Indonesia mampu memproduksi kereta dengan teknologi tinggi seperti halnya LRT Jabodebek. (Sof/Sumber:Antaranews.com)

Baca Juga:
Jadwal Keberangkatan LRT Jabodebek Kamis 28 Maret, Promo Tarif Maksimal Berlaku di Jam Ini!