Cara Menteri Pariwisata Sandiaga Bantu Tingkatkan Omset UMKM hingga Tercipta 4,4 Juta Lapangan Kerja

  • Oleh : Dirham

Senin, 30/Janu/2023 12:52 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno.  Menparekraf Sandiaga Uno. 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berupaya meningkatkan kemampuan pelaku ekonomi kreatif yang menjadi binaan. 

Dengan ini mereka dapat memanfaatkan bantuan pemerintah (Banper) berupa sarana ruang kreatif HRA Komunitas untuk memperluas jangkauan pasar sasaran melalui pemasaran digital. 

"Kita adakan laptop, cctv, ac, showcase panas, showcase dingin, printer, projector, laser barcode ini sangat membantu, dan Batur Sandi Uno akan mengisi banyak pelatihan-pelatihan pendampingan untuk sarana kegiatan pemasaran. Ada juga ruang podcast yang akan membantu pelaku UMKM untuk mencetak konten-konten kreatif karena berdampak positif terhadap peningkatan omzet hampir 65 persen," kata Sandiaga di HR Academy Indonesia, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, dikutip Senin, 30 Januari 2023.

Sandiaga menegaskan pelaku UMKM harus melek digital. Dikarenakan 97 persen mereka yang akan menciptakan peluang usaha baru. 

"Di tahun 2025 ekonomi mencapai Rp 150 miliar, berarti itu sebuah angka yang sangat besar kita menginginkan bahwa UMKM melek digital dan pelatihan bukan hanya hari ini tapi terus bergulir. Targetnya 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024 karena 97 persen UMKM yang akan menciptakan," tandas Sandiaga. 

Ketua Batur Sandi Uno Jakarta, Sri Wulandari mengatakan bantuan pemerintah yang disupport oleh Kemenparekraf dapat menunjang kebutuhan konten bagi UMKM. Menurutnya bantuan tersebut terbukti meningkatkan penjualan. 

"Bantuan pemerintah ruang kreatif disupport oleh Kemenparekraf sehingga lebih cepat geraknya sesuai arahan Pak Sandi gercep, gaspol, dan geber untuk dapat membuat podcast bagi produk UMKM lebih maju serta penjualan lebih meningkat," ujar Wulan. 

Wulan menjelaskan Sandiaga Menteri yang tepat untuk maju di 2024. Sebab programmya banyak dirasakan oleh pelaku usaha untuk mendongkrak pendapatan usaha. 

"Bang Sandi sangat pas menjadi presiden karena bantuannya diberikan, pelatihannya di-support, kemudian hadir di tengah pelaku UMKM," jelas Wulan. 

Dalam kegiatan ini peserta pelatihan mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno dan Batur Sandi Uno telah mengakomodir ide-ide yang memiliki dampak bagi pelaku UMKM. (ds/sumber Viva.co.id)