Jasa Raharja Gelar Safety Riding Education Bersama Polres Metro Bekasi di PT SGMW Motor Indonesia

  • Oleh : Bondan

Senin, 06/Feb/2023 10:19 WIB
PT Jasa Raharja Bekasi Bersama Polres Metro Bekasi memberikan edukasi Safety Riding di PT SGMW Motor Indonesia (Wuling) Kabupaten Bekasi, Jumat (3/2/2023). Foto: istimewa. PT Jasa Raharja Bekasi Bersama Polres Metro Bekasi memberikan edukasi Safety Riding di PT SGMW Motor Indonesia (Wuling) Kabupaten Bekasi, Jumat (3/2/2023). Foto: istimewa.

BEKASI (BeritaTrans.com) — PT Jasa Raharja Bekasi Bersama Polres Metro Bekasi memberikan edukasi Safety Riding di PT SGMW Motor Indonesia (Wuling) Kabupaten Bekasi, Jumat (3/2/2023).

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam untuk menekan tingkat kecelakaan di sector usia produktif dan pekerja di sektor industri.

Baca Juga:
Melalui Gelaran Safety Riding, BPTJ Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Keselamatan Berkendara

Dalam kesempatan tersebut, Penanggung Jawab Bidang Pelayanan Jasa Raharja Bekasi Lilin Kurniasari menyampaikan bahwa tugas pokok dan fungsi Jasa Raharja menurut UU 33 & 34 Tahun 1964 adalah memberikan santunan kepada masyarakat yang mengalami kecelakaan lalu lintas sesuai dengan ketentuan Program Asuransi Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Umum dan Lalu Lintas Jalan, Serta menghimpun dan mengelola dana dari masyarakat guna memenuhi pemberian hak masyarakat atas santunan.

Sumber dana untuk santunan tersebut berasal dari SWDKLLJ yang dibayarkan oleh pemilik kendaraan bermotor setiap tahunnya pada saat membayar pajak kendaraan bermotor di kantor SAMSAT. Hal ini merupakan implementasi dari perlindungan dasar pemerintah yang tercantum dalam Undang-Undang no. 34 Tahun 1964 tentang dana kecelakaan lalu lintas jalan jo. PP No. 18 Tahun 1965 tentang ketentuan pelaksanaan dana kecelakaan lalu lintas jalan.

Baca Juga:
Gelar Road Safety Ranger Kids, Jasa Raharja Edukasi Anak-Anak dengan Keselamatan Lalu Lintas

Lilin juga mengimbau masyarakat agar saat berlalu lintas tidak hanya sekedar mengendarai kendaraan bermotor namun harus tetap memperhatikan unsur unsur lain demi keselamatan Bersama, seperti memahami dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan mengecek kondisi juga kelengkapan kendaraan demi keselamatan di jalan. Karena risiko kecelakaan di jalan raya bisa terjadi kepada siapaun, kapanpun dan dimanapun.

Lilin berharap dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat semakin sadar akan pentingnya keselamatan berkendara. (Dan)

Baca Juga:
Jasa Raharja Bersama Korlantas Polri Gelar Supervisi Pelayanan STNK dan TNKB di Kepulauan Riau