Menengok Perjalanan KRL dari Bekasi ke Stasiun Jakarta Kota, Ramai Penumpang dan Akses Cepat

  • Oleh : Fahmi

Senin, 06/Feb/2023 14:49 WIB
Rangkaian dari Cikarang yang berhenti di Stasiun Bekasi hendak menuju Stasiun Angke pada Senin (6/2/2023) siang. Rangkaian dari Cikarang yang berhenti di Stasiun Bekasi hendak menuju Stasiun Angke pada Senin (6/2/2023) siang.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menaiki transportasi masal KRL Commuterline di Ibu Kota tidak pernah sepi. Moda Transportasi yang murah dan cepat menjadi pilihan warga.

Memulai perjalanan dari Bekasi menuju Stasiun Jakarta Kota susana di KRL tampak ramai pada Senin (6/2/2023) siang. Terdapat penumpang berdiri namun banyak juga ruang kursi yang masih bisa ditempati.

Baca Juga:
Bukan Maen! Naik KRL ke Kantor di Sudirman, Artis Adrian Maulana Bisa Hemat Rp 6,2 Juta Sebulan

Saat perjalanan terlihat rangkaian KRL semakin banyak penumpang yang naik dan ada beberapa penumpang juga yang turun. Karena sebelumnya KRL berjalan dan banyak penumpang dari arah Stasiun Cikarang.

Penumpang saat di perjalanan tampak tertib dan terlihat petugas berlalu lalang di dalam rangkaian untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang.

Baca Juga:
Primus Yustisio Lebih Suka Naik KRL, Padahal Anggota DPR RI Ini Punya Harta Rp73 Miliar

BeritaTrans.com dan Aksi.id dengan tujuan Stasiun Jakarta Kota menaiki rangkaian KRL arah Stasiun Angke. Nantinya kami akan transit dan berganti KRL lagi di Stasiun Manggarai.

Tidak berselang lama dan bisa menikmati perjalanan, rangkaian pun tiba di Manggarai dan terlihat banyak penumpang yang turun untuk transit. Stasiun Manggarai menupakan stasiun transit untuk ke arah Jakarta Kota, Bogor dan ada juga penumpang yang mengakhiri dan keluar dari stasiun ini.

Baca Juga:
Penumpang KRL Sudah Boleh Buka Masker, Bangaimana Kalau Ngobrol?

Penumpang yang hendak naik ke arah Angke ternyata juga ramai. Terlihat banyak penumpang yang sudah menanti di peron untuk bersiap naik ke arah Angke atau Kampung Bandan.

BeritaTrans.com dan Aksi.id yang hendak ke Jakarta Kota harus naik ke bagian atas staiun untuk menuju peron yang memberangkatkan KRL arah Jakarta Kota. Rangkaian tersebut berjalan sebelumnya dari arah Bogor. 

Perjalanan ke Jakarta Kota tampak lengang. Banyak penumpang yang duduk. Terlihat juga penumpang dengan membawa anak kecil atau keluarga. 

"Kita mau ke Jakarta Kota, mau jalan-jalan saja ke Kota Tua dulu ni, sudah lama tidak ke sana," ujar Andre salah satu penumpang KRL.

Penumpang juga banyak yang bertujuan dengan tempat lain, karena stasiun ini juga langsung terintegrasi dengan bus TransJakarta yang siap membawa penumpang ke sejumlah titik tujuan.

Tidak hanya banyak penumpang yang hendak langsung ke JakartaKota, penumpang juga banyak yang turum naik di stasiun sebelumnya, mulai dari Cikini dan seterusnya.

Perjalanan yang mudah, murah serta cepat menjadi pilihan banyak masyarakat menggunakan KRL. Tidak melihat golongan, tua, muda, anak, juga orang berkebutuhan khusus banyak yang memanfaatkan moda transportasi ini.

Dikutip dari informasi KRL bahwa KAI Commuter mengoperasikan 1.081 perjalanan Commuterline Jabodetabek tiap harinya mulai pukul 04.00 – 24.00 WIB. Persebaran pengguna pada hari kerja juga masih terfokus pada jam-jam sibuk pagi yaitu pukul 05.30 – 07.30 WIB, dan sore mulai pukul 16.00 – 18.00 WIB. 

KAI Commuter juga mengoperasikan perjalanan commuterline feeder tambahan relasi Manggarai – Angke/Kampung Bandan PP dan Manggarai – Bekasi PP pada jam sibuk pagi dan sore sebanyak 31 perjalanan per hari dengan headway 15-30 menit.

(Fahmi)