Kunjungan PTDI-STTD ke SMA Pradita Dirgantara Boyolali Lancar dan Seru

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 07/Feb/2023 23:37 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD melakukan sosialisasi ke SMA Pradita Dirgantara yang beralamat di Komplek Bandara Adi Soemarmo Solo, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. 

Sosialisai yang dilakukan pada Sabtu (4/2/2023) berjalan lancar dan seru. Banyak peserta yang hadir di aula dan kegiatan berjalan interaktif.

Baca Juga:
Sukseskan Angkutan Lebaran, Taruna PTDI-STTD Ikut Pantau Pemudik di Penyeberangan

Sosialisasi ini merupakan bentuk pengenalan dari Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD untuk memperkaya Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang transportasi semakin maju. 

Baca Juga:
BPTJ Latih Pegawai Ahli Sarana dan Prasarana ke PTDI-STTD

SMA Pradita Dirgantara merupakan Sekolah Menengah Atas berwawasan kedirgantaraan yang digagas oleh Kolonel Pnb. Hadi Tjahjanto selaku Komandan Lanud Adi Soemarmo pada saat itu.

Sekolah ini berdiri atas kerjasama antara Universitas Sebelas Maret (UNS) dalam hal ini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) dalam hal ini Yayasan Ardhya Garini (Yasarini).

Baca Juga:
Tingkatkan SDM, BPTJ Lakukan Kerja Sama Penyelenggaraan Diklat Bidang Transportasi dengan PTDI-STTD

Pada saat Hadi Tjahjanto menjabat Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) 2017 kemudian melakukan kerjasama yang dituangkan dalam penandatanganan MoU dan MoA oleh Rektor UNS, Ravik Karsidi dengan Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di gedung Rektorat UNS pada 17 April 2017.

SMA Pradita Dirgantara dirancang sebagai sekolah unggulan yang mempunyai karakter kedirgantaraan, kecendikiawanan, dan menjunjung tinggi keimanan serta kompetitif ditingkat global dengan tetap menjaga nilai-nilai luhur budaya nasional.

Selain itu, SMA PD merupakan sekolah SMA asrama terbaik di Indonesia (boarding school) yang didukung oleh pembelajaran kedirgantaraan.

Sekolah di bawah naungan Yayasan Ardya Garini (Yasarini) tersebut kemudian berdiri pada 2018 dan diresmikan pada saat Hadi Tjahjanto telah menjabat sebagai Panglima TNI. Setahun kemudian, meraih akreditasi A (Unggul) pada 2019. 

Sedangkan visi dari SMA Pradita Dirgantara ialah menjadi lembaga pendidikan menengah yang bereputasi di tingkat internasional dengan tetap menjunjung tinggi budaya nasional untuk menghasilkan kader pemimpin bangsa yang beriman, cerdas, kreatif, mandiri dan berwawasan kedirgantaraan.

Perlu diketahui, biaya pendidikan di SMA Pradita Dirgantara gratis. Meski demikian, calon siswa harus mengikuti serangkaian proses seleksi yang cukup ketat.

Di sekolah tersebut juga ada peminatan bagi para siswa dan siswinya. Yakni:

1. Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

2. Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK)

3. Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN)

4. TNI/Polri

(Fhm)