Satlantas Polresta Tangerang Ujicoba ETLE Drone

  • Oleh : Bondan

Kamis, 09/Feb/2023 23:19 WIB
Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Tangerang akan menerapkan tilang berbasis elektronik atau Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang menggunakan drone. Foto: istimewa. Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Tangerang akan menerapkan tilang berbasis elektronik atau Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang menggunakan drone. Foto: istimewa.

TANGERANG (BeritaTrans.com) — Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Tangerang akan menerapkan tilang berbasis elektronik atau Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang menggunakan drone.

Kepala Satlantas Polresta Tangerang Kompol Fikry Ardiansyah mengatakan pihaknya hari ini sedang menguji coba tilang ETLE yang menggunakan drone tersebut.

Baca Juga:
Polri Tindak 29.211 Pengendara Selama Sembilan Hari Operasi Patuh 2023

“Ini merupakan salah satu inovasi Satlantas Polresta Tangerang dalam penilangan,” ucap Fikri di lokasi uji coba, Kamis (9/2/2023).

Fikri menyebut, selain salah satu inovasi Satlantas Polresta Tangerang, drone ini merupakan bentuk tindak lanjut dari perintah Kapolri melalui Kakorlantas Mabes Polri.

Baca Juga:
Polisi Turunkan ETLE Mobil untuk Tertibkan Parkir Liar di Kawasan Senopati

Pihaknya akan menyasar pengendara yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas, seperti melawan arus lalu lintas, tidak menggunakan helm, dan berboncengan menggunakan sepeda motor lebih dari dua orang.

“Intinya masyarakat yang kedapatan melanggar akan kita konfirmasi melalui mekanisme ETLE sebagaimana tilang seperti biasanya,” katanya.

Baca Juga:
Polisi Tindak 1.000 Pelanggar Lalu Lintas Kasat Mata dan ETLE di Sukoharjo

Dalam uji coba, drone ini mampu bertahan dengan waktu kisaran 25 menit dengan spesifikasi sesuai drone yang ada.

“Untuk ketahanan baterai ini kita sesuai spesifikasi yaitu 25 menit dan kami siapkan juga baterai cadangannya untuk melakukan penindakan sepanjang hari,” ujarnya.

Sementara itu, dia menyiapkan dua unit drone yang akan digunakan untuk titik-titik yang memang rawan terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

“Kita sementara akan melakukan uji coba dulu, secepatnya akan kita laksanakan penerapan penindakan tilang elektronik (ETLE) menggunakan drone ini,” pungkas Fikri. (Dan)