Stasiun KA Cepat Karawang, Bak Istana di Tengah Sawah

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 22/Feb/2023 15:33 WIB
Foto: Penampakan terbaru Stasiun Kereta Cepat di Karawang. (Dok: KCIC) Foto: Penampakan terbaru Stasiun Kereta Cepat di Karawang. (Dok: KCIC)

Jakarta (Beritatrans.com) - PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) terus mengebut pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Proyek ini ditargetkan bisa rampung pada pertengahan tahun 2023 ini.

Meskipun sempat berpolemik terutama mengenai anggaran yang bengkak, proyek ini tetap berjalan. Selain pemasangan rel dan penyelesaian pembangunan terowongan (tunnel), infrastruktur penting lainnya yang tengah dibangun adalah stasiun.

Baca Juga:
DAMRI Bandara Soetta Kini Hadir di Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim

​​​​​Ada 4 stasiun yang dibangun KCIC, yaitu Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan terakhir Stasiun Tegalluar yang berfungsi juga sebagai depo. Salah satu stasiun yang menjadi magnet perhatian adalah Stasiun Karawang. Stasiun ini sangat besar bak istana yang berdiri di antara pematang sawah.

Penampakan terbaru Stasiun Kereta Cepat di Karawang. (Dok: KCIC)Foto: Penampakan terbaru Stasiun Kereta Cepat di Karawang. (Dok: KCIC)
Penampakan terbaru Stasiun Kereta Cepat di Karawang. (Dok: KCIC)

Baca Juga:
Hadirkan Bazar Kuliner UMKM di Stasiun Whoosh Halim Tingkatkan Layanan Masyarakat

Dalam keterangan KCIC, Stasiun Karawang merupakan salah satu titik pemberhentian KCJB. Dari 4 stasiun yang akan dilayani KCJB, Stasiun Karawang adalah pemberhentian pertama dari wilayah Jakarta yang berlokasi di Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang.

"Stasiun ini memiliki luas sekitar 19.028 meter persegi dan memiliki 2 peron bagi penumpang untuk naik turun kereta," ungkap KCIC seperti dikutip, Rabu (22/2/2023).

Baca Juga:
Pemesanan Tiket Kereta Whoosh Sudah Dibuka

​​​​​Nantinya, akan ada sebanyak 68 jadwal perjalanan KCJB yang akan berhenti di Stasiun Karawang untuk melayani masyarakat yang akan menuju Halim, Padalarang, maupun Tegalluar.

Penampakan terbaru Stasiun Kereta Cepat di Karawang. (Dok: KCIC)Foto: Penampakan terbaru Stasiun Kereta Cepat di Karawang. (Dok: KCIC)
Penampakan terbaru Stasiun Kereta Cepat di Karawang. (Dok: KCIC)

Penumpang yang turun di Stasiun Karawang nantinya dapat menggunakan bus Damri untuk melanjutkan perjalanan mereka berbagai wilayah di Karawang. Integrasi antara KCJB dengan angkutan massal lainnya ini sejalan dengan arahan pemerintah yang ingin mengedepankan angkutan masal untuk kota-kota besar.(ny/Sumber: CNBCindonesia)