PT INKA Ekspor 262 Gerbong Kereta Barang Datar ke Selandia Baru

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 23/Feb/2023 14:20 WIB
PT Industri Kereta Api (INKA) yang beroperasi di Kota Madiun mengeskpor 262 gerbong barang datar Kiwi Rail di Selandia Baru. Inilah rangkaian gerbong datar yang dikirim ke Selandia Baru, Kamis (23/2/2023).(Muhlis Al Alawi) PT Industri Kereta Api (INKA) yang beroperasi di Kota Madiun mengeskpor 262 gerbong barang datar Kiwi Rail di Selandia Baru. Inilah rangkaian gerbong datar yang dikirim ke Selandia Baru, Kamis (23/2/2023).(Muhlis Al Alawi)

MADIUN (BeritaTrans.com) - PT Industri Kereta Api (INKA) yang beroperasi di Kota Madiun, Jawa Timur, mengeskpor 262 gerbong kereta barang datar KiwiRail ke Selandia Baru. Untuk tahap pertama, PT INKA sudah mengirim 133 unit gerbong barang datar bertipe container flat top (CFT) wagon.

Direktur Utama PT INKA Eko Purwanto mengatakan, 133 unit gerbong barang ini adalah bagian dari proyek 262 unit gerbong yang diperoleh dari perusahaan Australia yakni UGL pada Januari 2021.

Baca Juga:
Hingga Hari Ini 61 Persen Tiket Kereta Api Lebaran Telah Terjual, KA Airlangga Paling Favorit

"Dua unit prototipe dari proyek ini sudah kami kirim pada pertengahan 2022 lalu. Bahkan, sudah selesai pada tahap tes dinamis oleh UGL dan KiwiRail,” kata Eko.

Tak hanya itu, PT INKA juga mendapatkan kontrak dari UGL untuk pengadaan 450 wagon pada September 2022 dan kontrak 50 platform atau underframe lokomotif pada November 2021.

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Jumat 29 Maret, Promo Tarif Maksimal Berlaku di Hari Libur Ini!

Kepercayaan itu, tutur Eko, menunjukkan kemampuan PT INKA bersaing di tingkat internasional. Terlebih, di luar negeri masih banyak membutuhkan sarana perkeretapian.

"Kami tentunya bangga terkait hubungan dengan UGL yang membuktikan kemampuan INKA untuk bersaing di kancah global. Kami berharap kerja sama ini bisa berkesinambungan mengingat masih terbukanya kebutuhan sarana di sana," kata Eko.

Baca Juga:
Pastikan Sehat saat Pelayanan Lebaran, Petugas KAI Daop 5 Periksa Bebas Narkoba

Eko menjelaskan, spesifikasi umum gerbong datar yang diekspor dibagi menjadi tiga tipe, yakni ukuran 40 ft, 50 ft, dan 60 ft yang didesain oleh UGL di Newcastle, Australia. Berat kosong sekitar 15.2-17.1 ton dengan maksimum daya angkut 62.9 ton.

Sementara itu, Program Rollingstock Procurement Director KiwiRail, Chrissy Farago mengatakan, gerbong-gerbong baru buatan PT INKA akan menggantikan gerbong barang yang lama. Hal itu juga sebagai bentuk program modernisasi operasional armada KiwiRail.

"Setelah pengujian selesai, gerbong-gerbong baru ini akan langsung digunakan untuk angkutan kayu sebagai salah satu pelayanan KiwiRail untuk industri kehutanan Selandia Baru," kata Chrissy.

Rollingstock Procurement Manager–Capital Projects & Asset Development KiwiRail, Amy Chen menyatakan, kualitas gerbong datar buatan PT INKA sangat bagus.

"Kami sudah meninjau kualitas produksi. Untuk kualitasnya sangat bagus. Saya dan beberapa rekan sudah beberapa kali berkunjung (ke PT INKA)," kata Amy.(fhm)