Pelindo Multi Terminal Kenalkan Dunia Kepelabuhan dan Maritim Kepada Pelajar Lewat Program Pelindo Mengajar

  • Oleh : Ahmad

Sabtu, 25/Feb/2023 13:15 WIB
Foto:istimewa/SPMT Foto:istimewa/SPMT

MEDAN (BeritaTrans.com) - PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) mengimplementasikan Program Pelindo Mengajar di 10 Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berada di seluruh Indonesia sebagai bentuk dukungan kepada program Kementerian BUMN.

Baca Juga:
ASDP: Arus Balik Lancar, Pemudik Sudah Bertiket Saat Tiba di Pelabuhan Capai 98,2 Persen

Program Pelindo Mengajar ini juga merupakan inisiasi dari Pelindo Group sebagai wujud aksi nyata BUMN, yang pelaksanaannya bertepatan dengan World Thinking Day pada 22 Februari. 

Rangkaian kegiatan Pelindo Mengajar oleh PT Pelindo Multi Terminal ini berlangsung sejak Rabu, 22 Februari 2023 hingga Jumat, 24 Februari 2023. Kegiatan Pelindo Mengajar ini melibatkan langsung jajaran Direksi PT Pelindo Multi Terminal yang mengajar di sekolah asalnya, dan Branch Manager PT Pelindo Multi Terminal yang mengajar di wilayah operasional PT Pelindo Multi Terminal. 

Baca Juga:
Forum ASA Shipping Dialogue Bahas Pentingnya Kolaborasi Pelayaran Regional

Baca Juga:
Disambut EGM Pelindo Regional 2 Tanjung Priok, KM Dobonsolo Angkut Pemotor Arus Balik Gratis Terakhir Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok

Direktur Utama Pelindo Multi Terminal Drajat Sulistyo, mengajar di SMAN 1 Purworejo, Direktur Operasi Ridwan Sani Siregar, mengajar di SMA Harapan Medan, Direktur SDM Ady Sutrisno, mengajar di SMAN 1 Ambon, Direktur Teknik Prakosa Hadi Takariyanto, mengajar di SMAN 3 Yogyakarta, dan Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Yon Irawan, mengajar di SMAN 1 Demak.  

Sedangkan para Branch Manager PT Pelindo Multi Terminal mengajar di SMA wilayah operasional masing-masing, antara lain SMA di Sampit, Pangkalan Bun, Cilacap, dan Banyuwangi.

Direktur Utama PT Pelindo Multi Terminal Drajat Sulistyo mengatakan, program Pelindo Mengajar ini merupakan wujud dari aksi nyata BUMN dalam mendukung pendidikan. Salah satunya adalah dengan mengenalkan dunia kepelabuhan dan maritim. 

"Pendidikan menjadi dasar untuk memajukan bangsa, dan merupakan elemen penting membentuk karakter bangsa. Program Pelindo Mengajar menjadi kesempatan yang baik untuk mengenalkan industri kepelabuhan dan maritim kepada siswa," kata Drajat Sulistyo.

Dalam kesempatan program Pelindo Mengajar ini, para narasumber baik Direksi dan Branch Manager memperkenalkan fungsi dan peran BUMN Pelabuhan dalam tatanan sistem rantai logistik. Dalam rangkaian ini juga dilakukan penyerahan bantuan teknologi informasi berupa beberapa laptop untuk kegiatan belajar di masing2 sekolah, serta penyerahan hadiah bagi kategori siswa/i berprestasi. 

Corcomm PT Pelindo Multi Terminal Farid menerangkan, rangkaian kegiatan Pelindo Mengajar ini merupakan inisiasi dari Pelindo Group untuk mendukung program Kementerian BUMN, yang pelaksanaannya bertepatan dengan World Thinking Day pada 22 Februari. 

"Harapan kami Pelindo Mengajar dapat mengenalkan dunia kepelabuhanan dan maritim bagi para siswa sekolah. Terutama dengan hadirnya Direksi di sekolah asal diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para siswa untuk melanjutkan pendidikan dan karier dengan potensi seluas-luasnya,” tutup Farid.

Pelindo Multi Terminal (SPMT) merupakan Sub-Holding PT Pelindo (Persero) yang fokus pada pengelolaan operasional terminal non-petikemas/multipurpose. SPMT dalam kegiatan operasionalnya mengelola 10 Branch Terminal yang tersebar di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. SPMT saat ini juga mengelola 3 Anak Perusahaan, yaitu PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP), PT Indonesia Kendaraan Terminal, Tbk. (IPCC) yang merupakan terminal kendaraan terbesar di ASEAN, dan PT Terminal Curah Semarang (TCS).(ahmad)