Masuki Hari Kedua Kopiko F1 Powerboat, Jumlah Penumpang di Bandara Raja Sisingamangaraja XII Naik 20%

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 25/Feb/2023 20:38 WIB
Suasana di Bandara Raja Sisingamangaraja XII Suasana di Bandara Raja Sisingamangaraja XII

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kejuaraan Dunia Kopiko F1 Powerboat di Danau Toba pada hari ini (25/2/2023) memasuki hari kedua di mana pembalap melakukan latihan bebas akan berlanjut pada babak kualifikasi.

Baca Juga:
Trafik penerbangan di Bandara Angkasa Pura II Naik 5% di Periode Angleb

Bandara Raja Sisingamangaraja XII di Siborong-borong, Tapanuli Utara, yang menjadi pintu masuk utama menuju venue telah melayani kedatangan sebanyak 173 delegasi Kopiko F1 Powerboat yang berasal dari 13 negara, termasuk para pembalap yang berjumlah 20 orang.

Secara kumulatif, pada 20 - 25 Februari 2023 jumlah pergerakan penumpang di Bandara Raja Sisingamangaraja XII tercatat mencapai 6.888 penumpang dari 73 penerbangan.

Baca Juga:
Ini 3 Indikator Bikin Angleb di Bandara Angkasa Pura II Sukses

Pergerakan penumpang terbanyak ada pada hari ini yakni 1.538 penumpang dengan 22 penerbangan.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno, serta Menteri Pemuda dan Olah Raga Zainudin Amali juga telah tiba melalui Bandara Raja Sisingamangaraja XII.

Baca Juga:
Mantap, Meroket 15 Tangga, Bandara Soekarno-Hatta jadi Peringkat 28 Terbaik Dunia Tahun 2024

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, lalu lintas penerbangan di Bandara Raja Sisingamangaraja XII mengalami peningkatan sejalan dengan digelarnya Kopiko F1 Powerboat.

"Pergerakan penumpang pada 20 - 25 Februari 2023 secara kumulatif meningkat sekitar 20% dibandingkan dengan minggu sebelumnya yakni 13-18 Februari. 

Pergerakan pesawat juga meningkat sekitar 20%. Berkat kolaborasi seluruh stakeholder, Bandara Raja Sisingamangaraja XII dapat mengelola peningkatan lalu lintas penerbangan dengan baik dan memberikan pelayanan terbaik bagi para delegasi dan wisatawan yang datang," tutur Awaluddin.

Di Bandara Silangit, para delegasi Kopiko F1 Powerboat dan wisatawan disambut dengan seni dan budaya antara lain Tari Tor Tor, pengalungan kain Ulos, ornamen seni Gorga, hingga replika Rumah Bolon dan Patung Raja Sisingamangaraja XII.

Awaluddin menyampaikan, penyelenggaraan event global ini menjadi momentum yang tepat dalam memperkenalkan dan mempromosikan kebudayaan setempat.

"Oleh karena itu AP II menjadikan Bandara Sisingamangaraja XII sebagai etalase budaya untuk memperkenalkan dan mempromosikan kebudayaan setempat. Kami berharap ini juga dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata nasional," katanya.

Director of Commercial and Services AP II M. Rizal Pahlevi menuturkan, sinergi seluruh stakeholder membuat Bandara Sisingamangaraja XII dapat memunculkan potensinya dalam mendukung pariwisata nasional.

"Kami berterima kasih kepada seluruh stakeholder sehingga bandara ini juga dapat mendukung event global dengan baik," ujar Rizal.

Adapun penyelenggaraan Kopiko F1 Powerboat juga memerhatikan lingkungan hidup dengan memanfaatkan energi terbarukan.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan, lingkungan hidup dan pariwisata harus berjalan beriringan.

"InJourney selalu mengedepankan keseimbangan antara lingkungan dan pertumbuhan sektor pariwisata. Hal ini tidak dapat dipisahkan dan harus selalu berjalan beriringan karena lingkungan hidup yang lestari akan menghasilkan destinasi wisata yang indah dan menarik untuk meningkatkan kunjungan wisata," ujar Maya.

Sejalan dengan peningkatan lalu lintas penerbangan, Bandara Raja Sisingamangaraja XII juga memperpanjang jam operasi (operating hours).

Director of Operation AP II Muhamad Wasid mengatakan, perpanjangan jam operasi bandara dilakukan 25 - 26 Februari 2023.

"Jam operasional Bandara Raja Sisingamangaraja XII dari pukul 08.00 - 15.00 WIB diperpanjang pada 25-26 Februari 2023 menjadi 08.00 - 17.00 WIB. Terkait ini, AirNav Indonesia telah menerbitkan Notice to Airmen (NOTAM) perpanjangan jam operasi bandara," ujar Wasid. (omy)