BPSDMP Wisuda Lulusan BPPTL, Siap Bangkit Maju Bersama Pelaut

  • Oleh : Naomy

Kamis, 02/Mar/2023 22:01 WIB
Wisuda 42 orang di BPTTL Jakqrta Wisuda 42 orang di BPTTL Jakqrta


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Tranposrtasi Laut (PPSDMPL), Amiruddin menyampaikan, Indonesia memiliki hamparan lautan yang luas, mulai dari Sabang hingga Merauke.

"Hal ini merupakan modal bagi Indonesia untuk menjadi negara berkekuatan maritim tingkat dunia dengan didukung oleh SDM pelaut yang andal," tegasnya dalam Upacara Pelepasan Perwira Siswa Diklat Pelaut Peningkatan Tingkat III Bidang Keahlian Teknika dan Diklat Pelaut Peningkatan Tingkat V Bidang Keahlian Nautika Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BPPTL) Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Dia mengajak para lulusan untuk terus meningkatkan soft skill dan hard skill yang dimiliki agar mampu menghadapi tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa mendatang, anyak bidang pekerjaan yang menerapkan otomatisasi.

"Meski demikian, SDM pelaut tetap akan menjadi elemen utama dalam kegiatan pelayaran, tentunya SDM tersebut tidak hanya memiliki hard skill tapi juga dituntut memiliki soft skill yang baik," ungkapnya.

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

Amiruddin menyampaikan, dibutuhkan inovasi, kreatifitas, dan peningkatan kualitas SDM yang andal, tangguh, berdaya saing, dan memiliki budaya melayani.

"Sesuai dengan tema upacara hari ini"Bangkit Maju Bersama Pelaut Untuk Indonesia Hebat", para lulusan diharapkan dapat terus meningkatkan soft skill seperti kemampuan memecahkan masalah, kemampuan komunikasi, kemampuan koordinasi, dan kemampuan analitycal thinking yang baik serta kemampuan pendukung lainnya", beber dia.

Baca Juga:
Plt. Kepala BPSDMP Imbau Lulusan PIP Makassar Jadi Agen Perubahan Keselamatan Pelayaran

Pihaknya berharap para lulusan nantinya dapat memberikan pelayanan transportasi yang mengutamakan safety, security, service, dan accebility kepada masyarakat, dengan menerapkan nilai-nilai Prestasi (Profesional, Etika, Standar Global dan Integritas).

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPPTL, Dr. Asmul Khairi melaporkan bahwa pada wisuda kali ini, BPPTL Jakarta meluluskan 42 orang.

Terdiri dari sembilan orang Ahli Teknika Tingkat III (ATT-III), dan 33 orang Ahli Nautika Tingkat V (ANT-IV). (omy)