Satpam KRL Kembalikan Amplop Uang Penumpang, Kejujuran Berbuah Reward

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 07/Mar/2023 14:12 WIB
Seorang petugas satpam KRL mengembalikan amplop berisi uang milik penumpang. KAI Service memberi penghargaan (reward) kepada satpam bernama Edwin Mulyadi itu. (Foto: dok. KAI Service) Seorang petugas satpam KRL mengembalikan amplop berisi uang milik penumpang. KAI Service memberi penghargaan (reward) kepada satpam bernama Edwin Mulyadi itu. (Foto: dok. KAI Service)

Jakarta (Beritatrans.com)  - Seorang petugas satuan pengamanan (satpam) kereta rel listrik (KRL) mengembalikan amplop berisi uang milik penumpang. KAI Service memberi penghargaan (reward) kepada satpam bernama Edwin Mulyadi itu.

"Perusahaan sangat menghargai kejujuran yang dilakukan Edwin Mulyadi dalam menjalankan tugasnya melayani para pengguna KRL," kata Vice President Corporate Secretary KAI Services Rachman Firhan dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (7/3/2023).

Baca Juga:
Sinergi Sido Muncul dan KAI Services, Bikin Perjalanan jadi Lebih Menyenangkan

Dia mengatakan pola pembinaan petugas keamanan di KAI Services secara garis besar harus memiliki ketegasan namun tetap humanis. Para pegawai juga diminta menjunjung kejujuran.

"Petugas keamanan yang bertugas di KRL harus memberikan pelayanan dengan hati kepada setiap penumpang kereta api. Dalam memberikan pelayanan tersebut, tentunya harus menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, salah satunya adalah kejujuran," kata Firhan.

Penghargaan untuk Edwin diserahkan Direktur Operasional KAI Services Bambang Suliastowo di kantor pusat KAI Services, Stasiun Mangga Besar, Jakarta, Senin (6/3) kemarin.

KAI Service menjelaskan penemuan itu terjadi saat Edwin bertugas di KRL relasi Tanah Abang-Rangkasbitung dengan nomor KA 2066 pada Sabtu (4/3) sekitar pukul 15.08 WIB.

Saat KRL tiba di stasiun tujuan akhir Rangkasbitung, Edwin melakukan tugasnya berkeliling rangkaian untuk memeriksa barang penumpang yang tertinggal di KRL.

Saat berada di rangkaian ketiga dari belakang, ia menemukan amplop berwarna cokelat. Edwin kemudian langsung melaporkan kejadian tersebut kepada petugas jaga yang bertugas di Stasiun Rangkasbitung.

Kemudian penemuan amplop itu didata dan setelah dicek berisi uang tunai berjumlah Rp 3 juta.



Petugas satpam KRL banyak mendapatkan apresiasi dari warganet setelah mengembalikan amplop berisi uang tunai jutaan rupiah yang diduga milik penumpang. (Foto: dok. Istimewa)

Baca Juga:
KAI Commuter Bagi-bagi Paket Makan Sahur di Stasiun Bogor dan Stasiun Rangkasbitung


Aksi Jujur Walka Diapresiasi

Aksi kejujuran petugas pengawalan (walka) tersebut mendapatkan apresiasi dari warganet. Amplop berisi uang itu lalu diserahkan kepada petugas di Stasiun Rangkasbitung, Banten.

Baca Juga:
KRL Layani Lebih 11 Juta Penumpang Selama Ramadan, Stasiun Rawa Buaya Ditingkatkan untuk Naik Turun Pengguna Commuter Line Basoetta

Disebutkan amplop tersebut berisi uang tunai senilai Rp 3 juta lebih. Amplop berisi uang itu diserahkan ke petugas stasiun agar dapat diambil pemiliknya.

Dari foto yang beredar, tampak uang di dalam amplop tersebut berisi pecahan Rp 50 ribu. Amplop berisi uang itu ditemukan di kereta yang diduga milik salah satu penumpang KRL.

Manajer Humas Kereta Commuter Indonesia (KCI) Leza Arlan mengatakan salah satu tugas dari petugas walka ialah selalu menyisir semua kereta saat akan tiba di stasiun tujuan. Penemuan amplop berisi uang itu lalu didata sebagai bagian prosedur penemuan barang.

"Petugas tersebut menyerahkan amplop kepada petugas stasiun untuk didata sebagai barang tertinggal," ujar Leza saat dimintai konfirmasi, Senin (6/3).

Leza mengatakan, setelah dicek, amplop tersebut berisi uang tunai Rp 3 juta. KCI mengingatkan penumpang untuk waspada dan berhati-hati.

"KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna untuk menjaga barang bawaan jangan sampai tertinggal dan tertukar. Jagalah keselamatan dan tetap waspada selalu berkomuter," ujar dia.
(ny/Sumber:detik.com)