Halte Transjakarta Olimo Jakbar Dibuka Kembali, Sebelumnya Sempat Ditutup

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 15/Mar/2023 13:47 WIB
Ilustrasi Transjakarta. (Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga) Ilustrasi Transjakarta. (Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Jakarta (Beritatrans.com) - PT TransJakarta membuka kembali Halte Olimo, Jakarta Barat. Halte tersebut sebelumnya diperbaiki untuk peningkatan layanan penumpang.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Apriastini Bakti Bugiansri mengatakan Halte TransJakarta Olimo mulai beroperasi sejak Selasa (14/3) kemarin. Selama ditutup, layanan naik turun penumpang dialihkan ke halte terdekat, yaitu Halte Mangga Besar dan Halte Glodok.

"Diharapkan beroperasinya halte Olimo dapat mempermudah mobilitas dan meningkatkan kenyamanan pelanggan," kata Apri dalam keterangan tertulis, Rabu (15/3/2023)

Halte Olimo sendiri melayani koridor 1 rute Blok M-Kota, rute 1A (Balaikota-Pantai Maju), dan rute 3H (Jelambar-Kota).

Sebelumnya, TransJakarta turut merelokasi sementara Halte Harmoni imbas proyek MRT Fase 2 di sepanjang Jalan Gajah Mada-Jalan Hayam Wuruk. Pembangunan MRT diprediksi bakal memakan waktu selama 5 tahun. Untuk itu MRT akan bertanggung jawab dalam membangun perpanjangan Halte Monas.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan Halte Monas akan menggantikan fungsi Halte Harmoni sebagai halte sentral sementara.

"Sementara di sana (Halte Monas), karena, kan, pembangunan MRT butuh waktu yang lama, ya. Jadi tentu, untuk titik transfer yang selama ini harmoni sentral busway menjadi titik transfer," kata Syafrin di Balai Kota DKI Jakarta Pusat, Senin (6/3/2023).

Syafrin menjelaskan pemindahan Halte sentral dari Harmoni ke Monas bukan pembahasan baru. Dia berharap tahun depan Halte Monas sudah siap menjadi halte sentral.

"ini sudah dibahas lama tapi kita perlu koordinasi dengan stakeholder di kawasan Monas ya sehingga mendapatkan persetujuan sehingga mendapatkan persetujuan extension halte TransJakarta Monas. Pembangunannya nanti oke teman-teman dari MRT," ungkapnya.

Dia mengatakan nantinya Halte Monas akan dipanjangkan ke arah selatan. Perpanjangan halte dilakukan karena kondisi Halte Monas yang masih kecil dan belum memadai jika dijadikan halte sentral.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan MRT tentunya untuk bisa segera bisa dilakukan, pembangunan perpanjangan Halte Monas ke arah selatan," ucapnya.

"Nanti kondisi ideal di sana bisa kita tambah saat ini, kan dari arah Juanda dari beberapa rute itu turun di Halte Monas karena memang di sana masih kecil untuk haltenya," tambahnya.

TransJakarta juga sudah melakukan penyesuaian rute dampak dari relokasi Halte Harmoni. Penyesuaian rute ini sudah diberlakukan pada Sabtu (4/3) lalu. Ada 12 yang dilakukan penyesuaian, 1 rute ditutup dan 2 rute tidak berubah. Dua rute TransJ yang tidak berubah adalah Rute 1 Blok M-Kota dan 1A Pantai Maju-Balai Kota. Bila tujuan akhir Harmoni, penumpang bisa turun di Halte Harmoni temporer.   (ny/Sumber:detik.com)