Longsor Sebabkan Rel Menggantung Sepanjang 25 Meter, Ini yang Dilakukan untuk Jalur KA Pangrango

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 15/Mar/2023 22:36 WIB
Jalur KA lintas Bogor-Sukabumi menggantung akibat longsor. Hingga Rabu (15/3/2023) malam, petugas terus berupaya untuk melakukan penanganan agar KA Pangrango bisa melalui jalur tersebut. Jalur KA lintas Bogor-Sukabumi menggantung akibat longsor. Hingga Rabu (15/3/2023) malam, petugas terus berupaya untuk melakukan penanganan agar KA Pangrango bisa melalui jalur tersebut.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Upaya percepatan perbaikan jalur KA yang terdampak longsor di antara Bogor Paledang - Batu Tulis terus dilakukan tim prasarana PT KAI Daop 1 bersama DJKA Kementerian Perhubungan hingga Rabu (15/3/2023) malam.

Terdapat jalur rel longsor dengan kondisi menggantung sepanjang 25 meter, yaitu ada di jalur sebelah hulu. 

Baca Juga:
Jadwal Argo Parahyangan pada Februari Terdapat Pembatalan, Ini Kata KAI

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menyarakan proses perbaikan akan dilakukan dengan sejumlah tahapan pekerjaan sampai dinyatakan aman untuk operasional KA.

Saat ini, agar satu jalur bisa dilewati KA, petugas sedang melakukan upaya penguatan di jalur yang tidak begitu berdampak, dengan mengedepankan prinsip keselamatan dan keamanan. 

Baca Juga:
Longsor di Jalur KA Banyumas Sebabkan KAJJ Terlambat Tiba ke Daop 1 Jakarta

"Salah satu upaya perbaikan jalur yaitu dengan melakukan sejumlah perkuatan konstruksi jalan rel khususnya pada jalur hilir yang tidak terdampak longsor," jelas Eva.

Eva menambahkan, sebelum dioperasikan proses uji coba menggunakan lokomotif juga akan dilakukan. Jika dari sisi keselamatan jalur dinyatakan aman maka KA Pangrango dapat dioperasikan kembali.

Baca Juga:
Perlintasan KA di Tambun Gangguan, Perjalanan KRL ke atau dari Cikarang Banyak Dibatalkan

Pengembalian Tiket 100 %

Eva juga menyatakan, bagi masyarakat yang telah melakukan pembelian tiket untuk perjalanan hari Kamis (16/3), jika KA Pangrango sudah dapat beroperasi maka informasi juga akan diberikan melalui pesan singkat ke nomor kontak yang telah dicantumkan saat melakukan transaksi tiket. 

Berdasarkan data pada Rabu 15 Maret 2023 terdapat sekitar 800 tiket yang sudah diproses untuk pembatalan dengan bea tiket yang diganti 100 persen. 

"Adapun proses pembatalan tiket bagi calon pengguna yang terdampak pembatalan perjalanan KA Pangrango dapat dilakukan hingga tujuh hari ke depan di loket Stasiun Bogor Paledang dan Sukabumi," sebut Eva.(fhm)