Jamin Keselamatan Mudik Lebaran, Ini Persiapan untuk Angkutan Umum Bus

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 16/Mar/2023 15:54 WIB
Media briffing persiapan Pemerintah dalam kesiapan aspek keselamatan pada angkutan Lebaran 2023, di kantor Kemenhub, Kamis (16/3/2023). Media briffing persiapan Pemerintah dalam kesiapan aspek keselamatan pada angkutan Lebaran 2023, di kantor Kemenhub, Kamis (16/3/2023).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Melihat kesiapan Angkutan Lebaran 2023 di sektor angkutan umum darat, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mempersiapkan kegiatan upaya keselamatan.

Direktur Sarana Transportasi Jalan Perhubungan Darat Kemenhub, Danto Restyawan mengatakan pihaknya sudah malakukan Ramp Check kepada bus yang beroperasional di terminal-terminal mulai 27 Februari 2023 hingga 13 April 2023 mendatang dengan target 30 ribu kendaraan.

Baca Juga:
Lebih 1,2 Juta Kendaraan Lintasi Tol Arah Jabotabek hingga H+4 Lebaran

Selain itu, dia juga telah mengimbau kepada operator bus untuk melakukan pergantian atau menambahkan pengemudi untuk yang mengendara lebih dari empat jam atau batas lelah. 

"Kemarin pas kegiatan Ramp Check kami imbau ke operator itu kalau pengendara lebih dari empat jam musti ada tandeman," ucap Danto kepada wartawan melalui Media Briffing di Kantor Kemenhub, Kamis (16/3/2023).

Baca Juga:
Jalan Tol dan Non Tol Berlakukan Pembatasan Angkutan Barang selama Libur Lebaran, Ini Daftar Lokasinya!

Dia mengatakan kondisi pengendara akan lelah jika mengemudikan bus lebih dari empat jam. 

Danto juga mengingatkan kepada masyarakat agar teliti menggunakan angkutan umum terutama bus. Pemerintah saat ini telah mengeluarkan stiker khusus kelaian untuk Angkutan Lebaran. Stiket itu juga sebagai tanda bus telah dilakukan Ramp Check dan siap untuk beroperasi.

Baca Juga:
Menhub Pastikan Angkutan Lebaran Berjalan Aman dan Lancar

Kelaiakan Ramp Check bukan hanya dilakukan kepada bus Antarkota antarpropinsi (AKAP), antarkota dalam propinsi (AKDP) tetapi kepada bus Pariwisata dan juga angkutan orang lainnya. (Fhm)