Kepala BPSDMP di Pelantikan Lulusan PIP Semarang: Indonesia Memiliki Pelaut Luar Biasa

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 17/Mar/2023 20:04 WIB
Wisuda 171 lulusan PIP Semarang Wisuda 171 lulusan PIP Semarang


SEMARANG (BeritaTrans.com) - Belajar dari pengalaman pandemi, pelaut-pelaut telah membuktikan sebagai bagian dari masyarakat yang menjaga agar kehidupan terus berlangsung.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Djoko Sasono, dalam sambutannya saat menjadi Inspektur Upcara Wisuda Program Diklat Pembentukan Diploma IV lulusan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, Rabu. (15/3/2023).

Baca Juga:
BPSDM Wisuda 180 Perwira Transportasi Laut PIP Semarang

“Kita belajar dari pengalaman dan Indonesia membuktikan bahwa kita memiliki pelaut-pelaut yang luar biasa, Indonesia bisa mengelola pandemi ini dengan baik dan bahkan pertumbuhan ekonomi kita menjadi salah satu negara yang tertinggi di masa pandemi ini, dilaporkan mencapai pertumbuhan ekonomi lebih dari 5,7%,” urainya.

Pertumbuhan ekonomi tersebut tidak lepas dari peran para pelaut yang menjaga pergerakan ekspor Indonesia yang lebih besar dari impor, di mana itu menandakan bahwa transportasi terus bergerak tanpa henti.

Baca Juga:
BPSDMP Bahas Penyusunan Kurikulum Diklat Ahli Kepelabuhanan

“Artinya para pelaut menjadi bagian yang tidak pernah lelah untuk terus bekerja agar kehidupan terus berlangsung. Oleh karenanya memilih menjadi pelaut adalah pilihan yang sangat tepat dan sangat bijak, Indonesia negara kepulauan negara maritim tentunya membutuhkan pelaut-pelaut yang handal dan luar biasa,” tuturnya.

Saat ini Indonesia telah menjadi tujuh raksasa dunia, bersama sama dengan Tiongkok, Amerika, India, Jepang, Rusia, dan Jerman. Tahun 2045 seratus tahun Indonesia Merdeka Indonesia Emas, banyak ahli memprediksi bahwa Indonesia akan menjadi empat raksasa dunia bersama sama dengan tiongkok, Amerika dan India.

Baca Juga:
Cadet Corner Poltekpel Banten Diresmikan, Terapkan Program Merdeka Belajar

“Hal tersebut berarti dalam waktu yang tidak lama lagi kita harus sungguh-sungguh menyiapkan itu semua, dan kalian menjadi bagian yang penting untuk bisa mengambil peran, di 2045 kita mengalahkan tiga negara besar yang kita ketahui, yaitu Jerman, Rusia, dan Jepang, tapi ini masih kalau. Oleh karena itu saya berharap kalian betul-betul menjadi pelaut yang cekatan, enerjik, punya nyali, tangguh, punya inovasi dan lentur atau “Centil”, saya berharap setelah ini kalian harus bekerja lebih keras lagi meneruskan para pelaut-pelaut yang sudah luar biasa bekerja di masa-masa saat ini,” pesannya.

Upacara Wisuda kali ini diikuti sebanyak 161 peserta diklat yang telah dinyatakan lulus, yang terdiri dari 84 orang lulusan Program Studi Nautika dan 77 orang lulusan Program Studi Teknika. 

“Dalam melaksanakan diklat telah sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan sesuai dengan tingkat ijazah, para lulusan juga telah mengikuti Ujian Keahlian Pelaut yang dilaksanakan di PUKP 05 Semarang. 

"Dengan begitu, para peserta diklat ini dinyatakan telah menyelesaikan studi dan lulus serta berhak memperoleh Ijazah Diploma IV dengan gelar Sarjana Sains Terapan Pelayaran,” ujar Direktur PIP Semarang, Capt. Tri Cahyadi. (omy)