InJourney Bangga Bandara API dan AP II Raih Penghargaan Kelas Dunia: Bukti Komitmen Terus Fokus pada Pelayanan Pelanggan

  • Oleh : Naomy

Minggu, 26/Mar/2023 11:44 WIB
Bandara Soekarno-Hatta Bandara Soekarno-Hatta

JAKARTA (BeritaTrans.com)  - PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney selaku Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung bangga dan menyambut baik berbagai penghargaan prestisius kelas dunia dari Airport Service Quality Awards 2022 dan World Airport Awards Skytrax 2023 yang diberikan kepada bandara-bandara di bawah kelolaan anak usahanya. 

Penghargaan tersebut tentunya bukti apresiasi dari kerja keras yang dilakukan InJourney dan anak usahanya yaitu PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II selaku pengelola bandara dalam meningkatkan pelayanan bandara di Indonesia.

Baca Juga:
Mantap, Meroket 15 Tangga, Bandara Soekarno-Hatta jadi Peringkat 28 Terbaik Dunia Tahun 2024

Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria menyampaikan, penghargaan ini dicapai berkat kolaborasi dan dukungan dari para stakeholders untuk memberikan service excellence yang berorientasi pada kepentingan pelanggan. 

“Bandara adalah representasi wajah Indonesia yang memegang peranan penting dalam membentuk kesan pertama atau first impression bagi orang yang berkunjung ke Indonesia dan juga kesan terakhir atau last impression bagi mereka yang meninggalkan Indonesia. Kami mentransformasi bandara dengan pergeseran fokus yang semula berbasis operasional menjadi fokus untuk pelayanan kepada pelanggan,” ungkap Dony, Ahad (26/3/2023).

Baca Juga:
Cuma 12 Hari Libur Lebaran, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Tembus 2,02 Juta, jadi Tersibuk di Asia Tenggara

Menurutnya, seluruh pekerjaan untuk memberikan pelayanan di bandara dikerjakan secara detail.

Mulai dari kebersihan toilet hingga pelayanan di ruang tunggu. Termasuk memikirkan berapa lama penumpang harus mengantre untuk check-in. 

Baca Juga:
InJourney Airports Layani 571 Ribu Penumpang pada Puncak Arus Balik Lebaran

Bandara, lanjut Dony, tidak hanya dibuat lebih nyaman, tetapi sekaligus memperbaiki dan meningkatkan kualitas gerai retail di bandara. 

Hal ini diharapkan membuat penumpang atau pengunjung di bandara akan lebih lama berada di bandara untuk melakukan transaksi belanja. 

"Ke depannya, kami juga akan terus membenahi tenant mixing, tampilan gerai hingga penataan produk (virtual merchandising) pada gerai-gerai food and beverages, retail, UMKM, dan sebagainya di bandara. Kami akan atur dan terus melakukan perbaikan sebagai bagian dari pelayanan kepada pengguna jasa bandara agar gerai-gerai yang ada tidak terkesan monoton dan lebih variatif dalam melayani kebutuhan pengguna jasa bandara. Semua peningkatan ini pada akhirnya akan meningkatkan pengalaman pelanggan dan juga untuk peningkatan customer satisfaction," urainya. 

Saat ini kata dia, InJourney sedang menjalankan proses transformasi kualitas pelayanan pelanggan untuk bandara-bandara di bawah kelolaannya yang tadinya berbasis airport operator.

Artinya bandara tak hanya sebagai tempat naik dan turun penumpang, namun lebih dari sekedar itu bahwa bandara justru harus memberikan lebih banyak layanan yang berfokus untuk meningkatkan customer experience khususnya passenger’s journey selama di bandara. 

"Hal ini merupakan bentuk adaptasi business model bandara yang tengah berkembang dan best practice di industri global saat ini," imbuh dia. 

Berikut daftar penghargaan yang diberikan kepada bandara-bandara di bawah kelolaan InJourney Group: 

*Airport Service Quality (ASQ) Awards 2022 dari Airport Council International (ACI)* 

• Best Airports by Size and Region in Asia Pacific 

- Under 2 million passengers per year_ 

 Bandara Internasional Pattimura (AMQ) 

-2 to 5 million passengers per year

1. Bandara Internasional Adi Soemarmo (SOC) 

2. Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani (SRG) 

3. Bandara Internasional Sultan Mahmudd Badaruddin II (PLM) 

- 5 to 15 million passengers per year

1. Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (BPN) 

2. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (UPG) 

3. Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) 

- 15 to 25 million passengers per year

1. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS) 

2. Bandara Internasional Juanda (SUB) 

• Airport with the Most Dedicated Staff in Asia Pacific 

1. Bandara Internasional Pattimura (AMQ) 

2. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (UPG) 

* Easiest Airport Journey in Asia Pacific

1. Bandara Internasional Juanda (SUB) 

2. Bandara Internasional Pattimura (AMQ) 

3. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (UPG) 

• Most Enjoyable Airport in Asia Pacific 

1. Bandara Internasional Pattimura (AMQ) 

2. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (UPG) 

3. Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) 

•Cleanest Airport in Asia Pacific_

Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (UPG) 

•The ACI World Director General’s Roll of Excellence_

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS)

Penghargaan dari Skytrax World Airport Awards 2023

1. Bandara Internasional Soekarno-Hatta meraih peringkat ke-43 dalam daftar 100 bandara terbaik di dunia (World’s Best Airport 2023) atau naik 8 tingkat dari posisi 2022. 

2. Bandara Internasional Soekarno-Hatta menembus peringkat ke-9 dalam daftar 10 bandara terbersih di Asia (Asia: The Cleanest Airport 2023)

3. Bandara Internasional Soekarno-Hatta berada di peringkat ke-5 dalam daftar bandara terbaik dunia kategori 40-50 juta penumpang per tahun (Best Airports 2023: 40 to 50 Million Passengers per year). (omy)