Kemenhub-Pemprov Jawa Barat Teken Perjanjian Pinjam Pakai Lantai 2 Terminal Leuwipanjang untuk Samsat

  • Oleh : Naomy

Senin, 27/Mar/2023 15:27 WIB
Kerja sama Ditjen Hubdat dan Pemprov Jabar Kerja sama Ditjen Hubdat dan Pemprov Jabar

BANDUNG (BeritaTrans.com) – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat teken Perjanjian Pinjam Pakai Barang Milik Negara (BMN) lantai dua Terminal Tipe A Leuwipanjang yang akan dipergunakan sebagai Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) di Bandung (27/3/2023).

"Direktorat Jenderal Perhubungan Darat berupaya senantiasa untuk terus mengoptimalkan pemanfaatan BMN, salah satunya bersinergi dengan pemerintah daerah berupa pinjam pakai aset Kemenhub untuk menunjang penyelenggaraan tugas dan fungsi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat sebagai Samsat," ujar Sesditjen Perhubungan Darat Amirulloh.

Baca Juga:
Sesditjen Hubdat Bersama Komisi V DPR Tinjau Terminal Tipe A Purboyo

Teken dilakukan Amirulloh dengan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja di Terminal Tipe A Leuwipanjang, Bandung. 

Melalui perjanjian pinjam pakai yang berlaku untuk jangka waktu lima tahun ini, sebagian Terminal Tipe A Leuwipanjang di lantai dua akan digunakan sebagai Samsat dan sebagian lantai satu digunakan untuk mengurus pajak 5 tahunan. 

Baca Juga:
Jasa Marga Ungkap Alasan Kenaikan Tarif Tol Jakarta-Bandung Jadi Rp 27.000

"Saya berhadap dengan adanya kegiatan ini, Terminal Tipe A Leuwipanjang dapat memunculkan kegiatan baru di Terminal sehingga dapat meningkatkan antusias masyarakat untuk ke Terminal dan dapat membuat ramai Terminal dengan kegiatan tersebut dan tidak hanya itu kerja sama ini untuk pertama kalinya ada Samsat di Terminal sehingga dapat memudahkan masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotornya," tutur Amirulloh.

Pada kesempatan yang sama, Setiawan mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Kemenhub atas Pinjam Pakai Barang Milik Negara berupa Terminal Tipe A Leuwipanjang yang digunakan sebagai Samsat.

Baca Juga:
Ditjen Hubdat Sosialisasi Peraturan Uji Berkala

"Kerja sama ini bisa menjadi kerja sama skala nasional, karena nantinya Samsat yang ada di Terminal Leuwipanjang akan menjadi Samsat superprioritas lantaran sudah berbasis teknologi, pembayarannya pun nanti cashless" urai Setiawan. 

Dalam kegiatan ini turut hadir yaitu Kepala Balai Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IX Provinsi Jawa Barat Muhammad Fahmi, Kepala Bapenda Dedi Taufik, Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Wibowo, Kasi STNK Polda Jabar Kompol Andriansyah dan Kepala perwakilan PT Jasa Raharja Bandung Arifin Hidayat. (omy)