Mudik dengan Kapal Pelni, Sahur dan Buka Puasa Dijamin Menyenangkan

  • Oleh : Naomy

Selasa, 28/Mar/2023 08:01 WIB
Kapal Pelni siap angkut penumpang di Mudik Lebaran Kapal Pelni siap angkut penumpang di Mudik Lebaran

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Angkutan mudik lebaran bakal segera dimulai sebentar lagi. Pada angkutan laut, dimulai 15 hari sebelum dan sesudah lebaran.

Baca Juga:
Pelni Tuntaskan Arus Balik Angkutan Mudik Gratis Sepeda Motor 2024

PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni sudah mempersiapkan berbagai hal guna memberikan kenyamanan bagi penumpang.

Pelataran saat Ramadhan akan tetap seru dan berkesan dengan segala layanan dan fasilitas yang tersedia di atas kapal.

Baca Juga:
KM. Dobonsolo Kembali Angkut Ribuan Peserta Arus Balik Mudik Gratis Sepeda Motor Dari Semarang ke Jakarta

Direktur Utama PT Pelni Tri Andayani menyampaikan, pihaknya fokus pada keselamatan, keamanan, dan tentu saja layanan bagi penumpang.

"Kami berkomitmen menyelenggarakan angkutan yang mengedepankan aspek keselamatan dan kenyamanan," ungkap Anda di Jakarta, Senin (27/3/2023).

Baca Juga:
Executive General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Sambut Arus Balik Mudik di Pelabuhan Tanjung Priok

Direktur Usaha Angkutan Penumpang Yahya Kuncoro menjabarkan, penumpang yang akan mudik tak perlu khawatir terkait ketersediaan makanan utamannya pada Ramadhan.

"Kami siapkan menu berbuka puasa dan sahur bagi penumpang," ungkapnya.

Tempat ibadah pun siap digunakan untuk mengakomodir ibadah penumpang selama berada di atas kapal.

Masih seputar fasilitas di atas kapal, Yahya memastikan bahwa ada alat kesehatan dan tenaga medis yang akan membantu bila dibutuhkan penumpang.

Dari sisi kebersihan, layanan toilet di atas kapal pun dipastikan terus bersih karena petugas yang siaga memastikan kenyamanan dan kebersihannya.

Fasilitas lainnya yang dapat dinikmati penumpang yakni cafetaria, mini market, toko kapal, mini theater, ruang laktasi, dan seat prioritas bagi penyandang disabilitas.

Anda mengingatkan kepada calon penumpang pelanggan memanfaatkan aplikasi Pelni Mobile untuk membeli tiket jauh-jauh hari.

"Penumpang juga dapat melaporkan apabila melihat dan mengalami tindakan percaloan, agar segera kami tindak tegas," ungkap Anda. 

Pemesanan dapat dilakukan melalui website pelni co.id, aplikasi pelni mobile, loket cabang, dan mitra seperti di minimarket dan lainnya.

"Pelni bekerjasama dengan 170 travel agent di seluruh Indonesia, penumpang juga bisa memesan melalui call center dan aplikasi whatsapp," tuturnya.

Sementara untuk ketentuan perjalanan dengan kapal Pelni, calon penumpang yang telah melakukan vaksin dosis kedua dan vaksin dosis ketiga (booster) tidak perlu lagi menunjukan syarat perjalanan berupa antigen maupun PCR. 

Untuk penumpang di wilayah 3TP juga tidak perlu menunjukkan syarat perjalanan berupa antigen maupun PCR. 

PT Pelni mengimbau seluruh calon penumpang kapal untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 3M, menggunakan masker selama pelayaran berlangsung, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta rajin mencuci tangan. (omy)