Ditjen Hubla Mulai Gunakan Aplikasi I-Motion Guna Tingkatkan Pengawasan di Perairan

  • Oleh : Naomy

Kamis, 30/Mar/2023 15:46 WIB
Capt. Antoni Arif Priadi pimpin pembukaan Bimtek i-motion Capt. Antoni Arif Priadi pimpin pembukaan Bimtek i-motion


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sebagai negara maritim, Indonesia harus memiliki sistem pengawasan yang kuat di wilayah perairan, untuk menjaga kedaulatan dan mewujudkan keselamatan, keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim. 

Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melaksanakan pengembangan pada sarana prasarana melalui sebuah sistem yang terkait dengan pengawasan maritim, di mana sistem tersebut adalah Indonesian Integrated Monitoring System On Navigation (I-Motion). 

Baca Juga:
Beri Layanan Kesehatan Terbaik bagi Pelaut, Ditjen Hubla Gelar Bimtek Diikuti 60 Dokter

Pelaksana Harian Direktur Jendral Perhubungan Laut Capt. Antoni Arif Priadi membuka Bimbingan Teknis Terkait Pengoperasian Indonesian Integrated Monitoring System On Navigation (I-Motion) secara daring, Kamis (30/3/2023).

“Indonesian Integrated Monitoring System On Navigation (I-Motion) merupakan salah satu solusi terkait kebutuhan Ditjen Hubla akan suatu sistem pengawasan maritim terintegrasi dalam mewujudkan keselamatan dan keamanan pelayaran di perairan Indonesia,” ujar Capt. Antoni.

Baca Juga:
Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Peserta Arus Balik Sepeda Motor Gratis dengan KM Dobonsolo Dilepas Dirlala

Dia mengatakan, I-Motion merupakan salah satu implementasi dari program Quick Wins dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Harapannya, I-Motion ini dapat dimanfaatkan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen Hubla dalam melakukan tugas dan fungsinya terutama di bidang keselamatan.

Baca Juga:
Indonesia Paparkan INSW di Sidang FAL ke-48 di Markas Besar IMO

Capt. Antoni berharap para peserta Bimbingan Teknis dapat mengikuti dengan serius, seksama dan berperan aktif karena cara pengoperasian I-Motion yang akan disampaikan oleh tim teknis Direktorat Kenavigasian agar dapat memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia pada I-Motion dalam rangka meningkatkan sistem pengawasan lalu lintas kapal di wilayah kerja masing-masing.

“Saya harap para peserta bimtek mengikuti kegiatan ini dengan baik dan aktif agar dapat memanfaatkan I-Motion dengan baik dan benar sehingga bermanfaat untuk keselamatan pelayaran. Selain itu saya sangat berharap untuk dapat berperan aktif dalam berkoordinasi dan bersinergi antarUPT di lingkungan Ditjen Hubla melalui sistem I-Motion ini,” pungkas Capt. Antoni. (omy)