Menparekraf Luncurkan TVC Promosi Pariwisata Sumbar Tambuah Ciek

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 31/Mar/2023 22:55 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno tengah di sela launching TVC Tambuah Ciek Menparekraf Sandiaga Uno tengah di sela launching TVC Tambuah Ciek

PADANG PARIAMAN (BeritaTrans.com) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, meluncurkan TV Commercial (TVC) promosi pariwisata Sumatra Barat bertajuk "Tambuah Ciek".

Dalam peluncuran yang dilaksanakan di Terminal Kedatangan Bandara Internasional Minangkabau, Kabupaten Padang Pariaman, Jumat (31/3/2023), Menparekraf Sandiaga menyampaikan TVC ini merupakan bentuk nyata kolaborasi antara pemerintah dan pihak swasta, dalam hal ini PT Paragon Technology. 

Baca Juga:
Menparekraf Sebut "Sumarak Ramadhan 2024" Perkuat Ekosistem Pariwisata Halal di Sumbar

Selain itu, tagline "tambuah ciek (tambah satu/tambah lagi)" yang diusung TVC ini diharapkan bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan durasi tinggalnya serta spending wisatawan yang berkunjung ke "Ranah Minang".

"Jadi bukan hanya ‘tambuah’ makanannya tapi (bertambah) pembelian ekonomi kreatifnya juga lama tinggalnya di sini," kata Sandiaga.

Baca Juga:
Kemenparekraf Bersama KAI dan Astindo Hadirkan "Bundling Paket Wisata Kereta Api"

Dia mengatakan, peluncuran TVC ini,  diharapkan juga bisa membantu mencapai target 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara pada 2023.

Ini telah ditetapkan dalam program Gerakan Nasional "Bangga Berwisata di Indonesia". Selain itu, peluncuran ini juga bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, di mana pada momen ini banyak perantau yang mudik ke kampung halamannya.

Baca Juga:
Menparekraf Apresiasi Pengembangan Wisata Mangrove Pangkal Babu Jambi

"TVC ini merupakan pendekatan era baru dari upaya kita menggaet 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara dan 7,4 juta kedatangan wisatawan mancanegara," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubenur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, mengungkapkan kehadiran TVC ini diharapkan bisa semakin memperluas promosi potensi pariwisata Sumbar dan meningkatkan kontribusi dalam upaya penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru pada 2024. 

"Semoga Sumbar juga turut berkontribusi dalam menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru," kata Audy.

Dalam peluncuran ini Sandiaga didampingi Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso.

Turut hadir Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatra Barat, Luhur Budianda; Wali Kota Padang, Hendri Septa; Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, dan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sunbar Sari Lenggogeni. (omy)