Sambut Pemudik Lebaran, Pelindo Regional 2 Siapkan 7 Terminal Penumpang dan 2 Pelabuhan Tambahan

  • Oleh : Ahmad

Sabtu, 01/Apr/2023 12:31 WIB
Foto:humaspolreskepulauanseribu Foto:humaspolreskepulauanseribu

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 2 melalui 7 terminal penumpang yang tersedia di beberapa cabang pelabuhannya yang antara lain Tanjung Priok, Palembang, Pontianak, Pangkal Balam, Tanjung Pandan, Bengkulu, Teluk Bayur telah siap menyambut kedatangan dan keberangkatan pemudik tahun 2023

Baca Juga:
H+12 Lebaran 2024, Pelindo Regional 4 Catat 667.012 Penumpang Naik dan Turun di Pelabuhan Timur Indonesia

Regional Head 2 PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Drajat Sulistyo telah mengimbau kepada para General Manager yang ada di wilayah Regional 2 untuk berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan diantaranya Otoritas Pelabuhan dan Perusahaan Pelayaran setempat, untuk mempersiapkan sarana dan prasarana terminal penumpang, seperti lahan parkir kendaraan, ruang tunggu bagi calon penumpang, toilet, mushola, ruang laktasi, hingga penambahan petugas jaga dan cctv guna memastikan kelancaran, keamanan dan keselamatan pelaksanaan angkutan mudik pada periode angkutan lebaran tahun 2023. 

Drajat menambahkan, tahun ini Regional 2 menyiapkan 7 terminal penumpang dan 2 pelabuhan tambahan yang dipergunakan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik khususnya via jalur laut, hal ini bisa terjadi pasca ditambahkannya hari libur lebaran dan cuti bersama oleh pemerintah. Pelabuhan tambahan tersebut adalah Pelabuhan Ciwandan Banten dan Pelabuhan Panjang.

Baca Juga:
Tingkatkan Kapasitas Bongkar Muat Curah Kering, Pelindo Tambah 2 Unit Mini Bulldozer

Sebelumnya telah dilakukannya kunjungan langsung oleh Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto bersama General Manager PT Pelindo Regional 2 Banten Agung Fitrianto ke Pelabuhan Ciwandan Banten (27/3), dalam rangka memastikan kesiapan Pelabuhan Ciwandan sebagai pelabuhan tambahan pada mudik lebaran 2023.

Tidak hanya penambahan rute baru, semua biaya kepelabuhanan mulai dari Jasa Pandu, Tunda, Tambat dan biaya bongkar muat kendaraan dibebaskan. Dengan demikian, tentunya manfaat dan dampaknya dapat dirasakan secara optimal oleh perusahaan pelayaran dan masyarakat.(ahmad) 

Baca Juga:
Pelindo Group Wilayah Kerja Makassar Gelar Halal Bihalal Idulfitri 1445 H