Posko Angkutan Lebaran Laut Resmi Dimulai Besok

  • Oleh : Naomy

Kamis, 06/Apr/2023 15:52 WIB
Apel pembukaan Posko Angleb Laut 2023 Apel pembukaan Posko Angleb Laut 2023


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Posko Angkutan Lebaran Laut 2023 resmi dimulai besok (7/4/2023). 

Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melaksanakan Apel Kesiagaan Pembukaan Posko Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran tahun 2023 (1444 H). 

Baca Juga:
Beri Layanan Kesehatan Terbaik bagi Pelaut, Ditjen Hubla Gelar Bimtek Diikuti 60 Dokter

Apel dihadiri pejabat terkait dan stakeholder yang terlibat dalam pengelolaan angkutan laut pada masa lebaran.

Plh Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt. Antoni Arif Priadi menyampaikan pentingnya menjaga keselamatan dan kelancaran angkutan laut dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Baca Juga:
Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Peserta Arus Balik Sepeda Motor Gratis dengan KM Dobonsolo Dilepas Dirlala

"Setiap tahunnya, jumlah penumpang yang menggunakan transportasi laut meningkat secara signifikan, terutama di daerah kepulauan yang hanya memiliki sarana transportasi laut sebagai pilihan utama. Selain itu, angkutan laut juga menjadi solusi untuk menghindari kemacetan di jalur darat pada saat musim mudik," ujarnya saat memimpin apel yang berlangsung di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Namun, dia menekankan bahwa angkutan laut memiliki risiko yang tidak kalah besar dibandingkan dengan transportasi lainnya. 

Baca Juga:
Indonesia Paparkan INSW di Sidang FAL ke-48 di Markas Besar IMO

Oleh karenanya, perlu adanya perhatian khusus dalam menjaga keselamatan kapal, penumpang, dan kru kapal.

"Seluruh jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan stakeholder terkait diminta mempersiapkan angkutan laut lebaran dengan senantiasa memastikan keselamatan, keamanan, kenyamanan, serta kesehatan penumpang, awak kapal, dan petugas pelabuhan," tegasnya.

Mengantisipasi kemungkinan timbulnya permasalahan tersebut, Ditjen Perhubungan Laut telah menyiapkan Posko Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran sebagai pusat koordinasi dan pengawasan selama musim angkutan lebaran. 

Posko ini dimulai pada 7 April - 8 Mei dan akan beroperasi selama 24 jam untuk memantau kondisi keamanan dan keselamatan pelayaran laut pada periode mudik dan balik lebaran.

"Direktur Jenderal Perhubungan Laut mengajak seluruh masyarakat untuk memilih angkutan laut yang aman dan nyaman dalam mudik lebaran tahun ini," ujarnya.

Selanjutnya, pada kesempatan ini Capt. Antoni minta kepada seluruh jajaran Ditjen Perhubungan Laut termasuk para petugas Posko untuk dapat menjalankan tugas ini dengan dengan penuh rasa tanggung jawab, ikhlas dan sungguh-sungguh serta melaporkan perkembangannya setiap hari.
 
"Dengan komitmen, kolaborasi, koordinasi, dan integritas, marilah kita bersama-sama berupaya agar Penyelengaraan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2023 (1444 H) dapat berjalan dengan baik dan sukses serta masyarakat dapat melaksanakan mudik dengan selamat, aman, nyaman, lancar dan sehat serta berkesan sebagaimana narasi utama Angkutan Lebaran Tahun 2023 ini, yaitu “Mudik Aman Berkesan"," ujarnya. (omy)