Polrestro Bekasi Kota Rakor Persiapan Operasi Ketupat 2023 dengan Kapolri dan Para Menteri

  • Oleh : Bondan

Kamis, 06/Apr/2023 21:18 WIB
Polres Metro Bekasi Kota bersama 3 Pilar mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Bidang Operasional Tahun 2023 persiapkan pengamanan Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 Via Zoom Meeting Kapolri dan Para Menteri. Polres Metro Bekasi Kota bersama 3 Pilar mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Bidang Operasional Tahun 2023 persiapkan pengamanan Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 Via Zoom Meeting Kapolri dan Para Menteri.

BEKASI (BeritaTrans.com) -- Polres Metro Bekasi Kota bersama 3 Pilar mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Bidang Operasional Tahun 2023 persiapkan pengamanan Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 Via Zoom Meeting Kapolri dan Para Menteri. Rapat tersebut melalui zoom meeting dari Ruang Operation (RO) Lantai 3 Polres Baru, Jl. Pangeran Jayakarta No.28, Kota Bekasi, Kamis (6/4/2023).

Hadir dalam kegiatan Rakor tersebut Kapolri dan Menteri di RO Mapolres Metro Bekasi Kota diantaranya, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Dani Hamdani, Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Cahyono, Dandim 0507/Bekasi Kolonel Luluk Setyanto, Waka Polres AKBP Rama Samtama Putra, Para PJU Polres Metro Bekasi Kota, Para Kapolsek Jajaran dan instansi terkait.

Baca Juga:
Coffe Morning Dandim 0507 Bersama Wartawan, Kapolrestro Bekasi Kota: Peran Media Sumber Informasi dan Edukasi Kepada Masyarakat

Melalui zoom meeting, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah menteri, Pemerintah Provinsi (Pemprov), Kota Kabupaten, Polda, Polres se-Indonesia dan pimpinan lembaga membahas kesiapan Idul Fitri 1444 Hijriah dan mudik Lebaran 2023.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan upaya Polri guna menekan jumlah laka lantas pada ops ketupat 2023 yang akan dilaksanakan kurang lebih selama 15 hari dari 18 April sampai dengan 1 Mei 2023. 

Baca Juga:
Jelang HUT ke-75 Polwan, Polres Metro Bekasi Kota Kunjungi Purnawirawan yang Sakit

Pertama, melakukan pemetaan jalur rawan laka melalui analisa data dan anatomi laka pada tahun sebelumnya. Kedua, meningkatkan edukasi perilaku mengemudi yang aman dan sosialisasi pada jalur rawan laka dengan memasang himbauan memasuki lokasi rawan laka dan rambu portable.

Ketiga, bekerjasama dengan stakeholders yakni Dinas Perhubungan (Dishub) dan Menteri Kesehatan (Menkes) melakukan uji kelaikan kendaraan dan memeriksa kesehatan pengemudi di terminal atau titik pemberangkatan mudik lainnya. 

Baca Juga:
Sinergitas Kapolda Metro Jaya, Temu Kangen Kor AA TNI-Polri Wong Kedu

Terakhir, berkoordinasi dengan stakeholders yakni Dishub, Pemda dan PUPR terkait pemenuhan sarpras penunjang seperti perbaikan jalan yang rusak, penambah jumlah rambu, serta menambah tempat peristirahatan bagi pemudik.

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut melalui zoom meeting yaitu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Efendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi. Kemudian ada juga Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan Panglima TNI Laksamana TNI Yudho Margono.

Turut hadir juga dari kepala BNBP, kepala Basarnas, kepala BMKG, pejabat Pertamina, Jasa Marga, Jasa Raharja Perwakilan Bekasi dan pemangku kepentingan terkait lainnya.

Dalam rapat ini seluruh kementerian dan lembaga terkait menyampaikan kesiapan yang dilakukan serta skenario rencana aksi dalam menghadapi Idul Fitri 2023 dari sisi keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. (Dan)