Angkasa Pura I Sabet Penghargaan Omni Customer Experience Strategy

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 07/Apr/2023 09:33 WIB
Penghargaan Omni Awards 2023 Penghargaan Omni Awards 2023

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) – PT Angkasa Pura I sabet penghargaan dalam ajang Marketeers OMNI Awards 2023 untuk kategori Omni Customer Experience Strategy.

Baca Juga:
Angkasa Pura II Kolaborasi Bareng 11 BUMN, Konservasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat di Raja Ampat

Penghargaan tersebut diberikan di Jakarta, Selasa (4/4/2023).

"Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi terhadap strategi branding, marketing, dan pelayanan yang dilakukan oleh Angkasa Pura I, yang dinilai berhasil dalam mengintegrasikan layanan melalui interaksi fisik (offline) dan digital (online)," jelas.Direktur Komersial dan Pelayanan PT Angkasa Pura I Dendi T. Danianto, Kamis (7/4/2023).

Baca Juga:
Peringatan HUT ke-60, Angkasa Pura I Gelar Donor Darah, Hasilkan 1.056 Kantong

Dia mengatakan, penghargaan ini merupakan momentum untuk terus memacu kinerja perusahaan dalam pelayanan pengguna jasa. 

"Merupakan suatu kehormatan bagi Angkasa Pura I. Kami akan terus selalu berupaya melakukan improvement dan inovasi untuk pencapaian target di masa depan, serta mendukung program untuk memajukan industri penerbangan dan pariwisata," ujarnya.

Baca Juga:
Dongkrak Pasar Produk Lokal, BNI Sediakan Vending Machine UMKM Binaan di Bandara Soetta

Pihaknya menyadari pentingnya digitalisasi dalam memberikan seamless experience bagi seluruh pengguna jasa bandara. 

Saat ini perusahaan menjadikan pengalaman pelanggan atau customer experience sebagai landasan dalam merumuskan seluruh lini pelayanan, baik itu secara services maupun komersial," lanjutnya.

Senada dengan Dendi, CEO Marketeers Iwan Setiawan menyampaikan pentingnya integrasi layanan online dan offline.

"Sekarang eranya sudah berubah menjadi era phygital marketing yang merupakan hybrid dari fisik dan digital. Bila ingin sukses, mereka perlu melakukan pendekatan secara Omni yakni menggabungkan antara online dan offline atau sentuhan teknologi dan manusia," ujarnya.

Dalam standar layanannya, saat ini Angkasa Pura I sudah mengintegrasikan layanan omni.

Melalui offline, Angkasa Pura I menyediakan berbagai jenis layanan dan fasilitas yang ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa dan untuk meningkatkan customer experience. 

"Fasilitas tersebut juga telah terintegrasi secara digital untuk memudahkan pengguna jasa saat berada di bandara, seperti self check-in counter, mesin pemindai boarding pass atau boarding pass scanner, serta layanan online customer service," beber Dendi.

Sedangkan dalam layanan online, Angkasa Pura I memanfaatkan berbagai jenis kanal media sosial sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi dengan pelanggan, serta untuk menyampaikan kampanye marketing dan promosi, di antaranya promosi destinasi wisata unggulan, promosi gerai komersial dan fasilitas publik di bandara, serta kampanye untuk menumbuhkan kembali minat berwisata masyarakat pada masa transisi pandemi. (omy)