Korlantas Minta Pemudik Tertib Aturan Lalu Lintas saat Arus Mudik dan Balik Lebaran

  • Oleh : Bondan

Senin, 10/Apr/2023 13:15 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi bersama Menteri Perhubungan dan Menteri PUPR Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi bersama Menteri Perhubungan dan Menteri PUPR

JAKARTA (BeritaTrans.com) -- Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengungkapkan bahwa pihaknya akan senantiasa melakukan persiapan fisik maupun manajemen demi kelancaran lalu lintas pada Mudik dan Balik Lebaran 2023.

Hal tersebut disampaikan Kakorlantas di Bandara Internasional Kertajati saat melakukan peninjauan bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menko PMK Muhadjir Effendy, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Baca Juga:
Kemenhub Pastikan Berantas Praktik Travel Gelap

“Sesuai dengan tugas kami di korlantas hari ini kami memastikan kesiapan fisik, cara bertindak kita dalam membantu masyarakat dalam arus lalu lintas ini bisa lebih matang,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, Minggu (9/4/2023).

Peninjauan pada beberapa tempat strategis di Provinsi Jawa Barat dimulai dari Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, dilanjutkan mengecek kesiapan Tol Cisumdawu Seksi 4 (Cimalaka-Legok BAT 4), Rest Area KM 86 B 81 B dan 62 B Tol Cipali, Perlintasan tol Cipularang dan berakhir di Terminal Rambutan, Jakarta.

Baca Juga:
Kakorlantas Polri: Selama Angleb, Kecelakaan Lalin Turun 8%

Lebih lanjut, Kakorlantas menuturkan bahwa pihaknya bakal mempersiapkan personil dan menambah kekuatan di lapangan demi tercapainya pelayanan masyarakat yang baik dalam kelancaran arus mudik kali ini.

“Artinya ada diskresi-diskresi yang dilakukan sepanjang masyarakat akan menjadi arahan petugas untuk tertib lajur, sehat kendaraan dan pemudik sampai di tujuan nanti,” ungkapnya.

Baca Juga:
Pergerakan Penumpang Angkutan Umum Masih Tinggi

Ia juga meminta pemudik agar tertib dalam berlalu lintas serta mengikuti arahan petugas di jalan pada saat arus mudik dan balik.

“Artinya kalau rekan-rekan pernah mendengar ada one way ada contra flow ada pengalihan arus ini akan menjadi informasi penting bagi masyarakat untuk mengikuti perkembangan ini,” pungkasnya.

Turut hadir Dirjen Hubdat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno, Sekertaris BPJT Yongkri Triono Junoasmono, Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian, Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan dan stakeholder terkait. (Dan)