Pesawat Alami Gangguan Listrik pada Penerbangan Kuala Lumpur-Jakarta, Ini Penjelasan Batik Air

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 13/Apr/2023 13:56 WIB
Pesawat Batik Air. (Ist) Pesawat Batik Air. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Maskapai Batik Air menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyaman yang terjadi pada penumpang di penerbangan nomor ID-7283 rute Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia (KUL) tujuan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Batik Air meminta maaf atas ketidaknyamanan (keluhan pesawat kurang terasa dingin dan lampu sempat padam seketika)," ujar Corporate Communications Strategic of Batik air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulisnya pada Rabu (12/4/2023). 

Baca Juga:
Pesawat ke Kualanamu Delay "Keluar Asap dan Alami Ledakan?" Ini Penjelasan Batik Air

Menurut Danang, situasi yang terjadi pada penerbangan Kuala Lumpur - Jakarta Senin 10 April itu disebabkan oleh Ground Power Unit (GPU) yang tidak bekerja secara maksimal (Ground power issue). Ground power issue adalah gangguan yang terjadi pada pasokan daya listrik yang diberikan pada pesawat melalui GPU saat pesawat sedang parkir di darat.

"Kendala dapat berupa ketidakmampuan GPU memberikan pasokan listrik yang cukup pada pesawat, atau terjadi indikasi kegagalan pada sistem kelistrikan yang menyebabkan pasokan daya listrik terganggu,"kata Danang. 

Menurut Danang, Ground Power Unit (GPU) disediakan oleh pihak ketiga atau mitra ground handling yang bekerja sama dengan Batik Air di Kuala Lumpur. Ground Power Unit (GPU) merupakan peralatan yang terpisah dari pesawat dan berfungsi sebagai pemasok kelistrikan dari luar pada pesawat.  

GPU, kata dia, biasanya terletak di area parkir pesawat dan dihubungkan ke pesawat dengan menggunakan kabel listrik yang terpasang di konektor pada pesawat. 

"Dengan menggunakan GPU, pesawat mendapatkan pasokan daya listrik yang dibutuhkan untuk menghidupkan sistem-sistem listrik di dalam pesawat, seperti sistem penerangan, pendingin udara, sistem avionik dan lain sebagainya," kata Danang. 

Dalam operasinya, GPU dikendalikan oleh operator ground handling dan bukan oleh awak pesawat. Operator ground handling bertanggung jawab untuk memastikan bahwa GPU berfungsi dengan baik dan pasokan daya listrik yang disediakan sesuai dengan kebutuhan pesawat.(fahmi)