BP2TL Jakarta Lahirkan Pelaut Penopang Konektivitas

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 14/Apr/2023 07:54 WIB
Pelantikan 161 lulusan BP2TL Jakarta Pelantikan 161 lulusan BP2TL Jakarta


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kualitas SDM Transportasi mencerminkan wajah keunggulan suatu bangsa, Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BP2TL) Jakarta lahirkan pelaut penopang konektivitas di Indonesia.

"Transportasi merupakan kebutuhan dasar untuk menggerakkan sektor-sektor strategis, oleh karena itu peningkatan SDM Transportasi harus sejalan dan sinergis dengan pembangunan dan kemajuan suatu bangsa," jelas Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Djoko Sasono dalam Upacara Pelepasan Perwira Siswa Diklat Pelaut Peningkatan Tingkat IV Dan V Angkatan XVI Bidang Keahlian Nautika dan Teknika di Balai Pendidikan Dan Pelatihan Transportasi Laut (BP2TL) Jakarta, Kamis (13/4/2023) 

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Hal tersebut sesuai dengan tema acara yaitu "Developing Civilized Seafarers for an Excelent Indonesia" yang artinya Membangun Pelaut Berkemajuan untuk Indonesia Unggul. 

"Program konektivitas tentunya harus di dukung oleh SDM pelaut yang memiliki visi ke depan sesuai perkembangan zaman," ungkapnya. 

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

Untuk mendukung tujuan tersebut, Kepala BPSDMP mengajak para lulusan yang berasal dari berbagai keberagaman suku, Agama, Bahasa, Pulau dan Adat istiadat dari sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote dan potensi alam yang melimpah ruah untuk mempertahankan persatuan indonesia. 

“Hal ini Dapat diwujudkan dengan kerja bersama, Membangun negeri dengan bersinergi, memberikan hak dan keadilan yang sama bagi seluruh rakyat indonesia, Dalam setiap aspek kehidupan termasuk hak akan transportasi” tuturnya. 

Baca Juga:
Plt. Kepala BPSDMP Imbau Lulusan PIP Makassar Jadi Agen Perubahan Keselamatan Pelayaran

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak pulau pulau yang terhubung dengan perairan hingga ke wilayah 3T (Terpencil, Terdepan, Tertinggal dan Perbatasan) dan berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatan sinergitas dan konektivitas. 

Dengan membangun infrastruktur baik transportasi darat, laut, udara, kerata api bahkan infrastruktur komunikasi untuk menjangkau saudara-saudara kita yang berada di diperbatasan negeri. 

“Saya berharap para lulusan yang saat ini berada di hadapan saya, setelah ini dapat menjadi penopang utama untuk mendukung program konektivitas yang saat ini sudah di laksanakan oleh pemerintah," ucapnya. 

Djoko mengucapkan selamat kepada para lulusan yang telah berhasil menyelesaikan Diklat Ahli Nautika Tingkat (ANT) IV, ANT V, Ahli Teknika Tingkat (ATT) IV dan Ahli Teknika Tingkat (ATT) V.

Dia berpesan agar Para Lulusan dapat mengabdikan diri di bidang transportasi laut dan dapat berperan aktif dalam kemajuan dunia maritim indonesia 

Pada Upacara Pelepasan kali ini, BPPTL Jakarta melepaskan sebanyak 161 orang yang terdiri dari 32 orang Ahli Nautika Tingkat IV, 22 orang Ahli Teknika Tingkat IV, 60 orang Ahli Nautika Tingkat V dan 47 orang Ahli Teknika. 

“Para Perwira Siswa Diklat Pelaut Peningkatan Tingkat IV dan V bidang keahlian Nautika dan Teknika tersebut telah melaksanakan dan menyelesaikan diklat sesuai ketentuan peraturan yang berlaku," kata Kepala BPPTL Jakarta, Asmul Khairi. (omy)