Okupansi Capai 100%, 42.700 Penumpang Kereta Berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 20/Apr/2023 01:47 WIB
Stasiun Pasar Senen. (Ilustrasi) Stasiun Pasar Senen. (Ilustrasi)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pantauan keberangkatan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada Kamis 20 April 2023 volume penumpang berangkat kembali mengalami peningkatan. Hal itu diungkapkan Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa.

"Untuk hari ini sekitar 24.200 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 KA yang beroperasi, sementara untuk Stasiun Gambir volume penumpang berangkat hari ini mencapai sekitar 18.500 dengan layanan 38 KA beroperasi," terang Eva.

Baca Juga:
Calon Penumpang Kereta Api Harus Atur Waktu yang Cukup Agar Tidak Ketinggalan KA

Dikatakan Eva, total okupansi keterisian tempat duduk dari pemberangkatan KA di area Daop 1 Jakarta mencapai 100 persen pada hari ini.

Eva juga mengingatkan kembali agar pelanggan KA yang akan mudik agar memperhatikan aturan barang bawaan yakni volume maksimal adalah 20 kg atau volume 100 dm3 dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 30 cm. 

Baca Juga:
52 Persen Tiket KA Lebaran Telah Laku Terjual, Paling Ramai Pemudik pada 6 April

Bagasi yang melebihi berat dan/atau ukuran sebagaimana dimaksud, sampai dengan setinggi-tingginya 40 kg atau dengan volume 200 dm3 (dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 60 cm), diperbolehkan dibawa dengan dikenakan bea kelebihan bagasi atau membeli tempat duduk ekstra. Biaya tambahan atas begasi yaitu untuk kelas ekskutif Rp. 10.000,00 per kg, kelas bisnis Rp. 6.000,00 per kg dan kelas ekonomi Rp. 2.000,00 per kg.

Selain itu pelanggan KA tidak boleh membawa barang-barang tertentu di dalam bagasi kereta api, diantaranya yaitu : Barang-barang yang mudah terbakar, Senjata api/ senjata tajam, Narkotika, obat-obatan terlarang dan zat aditif lainnya, benda/barang yang berbau menyengat serta hewan peliharaan. 

Baca Juga:
Penumpang Meningkat 17% saat Libur Panjang Nyepi, KAI Tambah 16 KAJJ

"Pelanggan KA yang akan bepergian menggunakan jasa layanan KAI juga dihimbau agar datang lebih awal ke stasiun pemberangkatan minimal 1 jam sebelum keberangkatan KA nya," kata Eva.

Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. 

Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi KAI Access juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket. Selain melalui aplikasi pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI. 

(fhm)