H-1 Arus Mudik Jawa-Sumatera Lancar dan Terkendali, ASDP Apresiasi Pemudik Patuh Imbauan Bertiket sebelum Tiba di Pelabuhan

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 21/Apr/2023 18:06 WIB
Dirut ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi di Pelabuhan Merak Dirut ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi di Pelabuhan Merak

MERAK (BeritaTrans.com) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengapresiasi seluruh pengguna jasa penyeberangan, regulator Kementerian Perhubungan, Kepolisian, mitra kerja penyeberangan, dan media massa yang telah mendukung kelancaran arus mudik penyeberangan, khususnya di lintasan utama Merak - Bakauheni dan Ketapang - Gilimanuk. 

"Sejak H-10, seluruh stakeholder telah bersinergi dan berkolaborasi sehingga layanan mudik penyeberangan berjalan lancar, aman, tertib dan selamat," jelas Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) di Merak, Jumat (21/4/2023).

Baca Juga:
ASDP Sediakan 3 Rute Mudik Asyik Bersama BUMN

Dia menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh stakeholder bahwa penyelenggaraan layanan angkutan penyeberangan pada periode arus mudik tahun ini berjalan lancar dan terkendali. 

Kendati terjadi antrean seiring peningkatan volume penumpang dan kendaraan di puncak arus mudik, namun layanan penyeberangan tetap aman dan terkendali. 

Baca Juga:
ASDP Apresiasi Penertiban Praktik Percaloan di Pelabuhan Merak oleh Satreskrim Polres Cilegon

"Secara umum, berdasarkan evaluasi manajemen dengan mitra dan stakeholder yang terlibat, kami melihat bahwa layanan arus mudik Angkutan Lebaran kali ini berjalan jauh lebih baik dari tahun lalu. Tentu hal ini karena adanya peningkatan kualitas koordinasi yang hasilnya dapat dirasakan langsung oleh pengguna jasa," tutur Ira dalam closing statement Posko Mudik Lebaran di kantor ASDP Merak, Jumat (21/4/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Ira turut mengapresiasi dukungan dan kerja sama yang diberikan pengguna jasa dalam memudahkan pelaksanaan angkutan Lebaran tahun ini. 

Baca Juga:
Menhub Pesan Agar ASDP Prioritaskan Layanan dengan Kapal Berkapasitas Besar

Dia mengungkapkan bahwa tahun ini, 95% pengendara motor telah melakukan reservasi tiket melalui Ferizy sebelumnya dimana terjadi peningkatan signifikan dari tahun lalu yang hanya berada di bawah 20%.

"Kami berterima kasih kepada seluruh pengguna jasa yang antusias untuk melakukan reservasi tiket lebih awal via Ferizy. Terima kasih karena telah mematuhi imbauan baik dari Presiden dan para Menteri untuk mudik lebih awal dan telah bertiket saat tiba di pelabuhan," urainya.

ASDP berharap kelancaran selama arus mudik Lebaran juga dapat terwujud saat arus balik mendatang. 

"Tugas kami belum usai, Insya Allah arus balik Lebaran mendatang juga dapat terlayani dengan baik, lancar, tertib dan selamat," ujar dia.

Ira menambahkan, kepada seluruh pengguna jasa agar mempersiapkan perjalanan dengan kapal ferry, termasuk layanan arus balik Lebaran.
ASDP telah membuka penjualan tiket ferry periode Angkutan Lebaran 2023 sejak 60 hari sebelumnya. 

Pengguna jasa khususnya di lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk, dapat memesan tiket ferry untuk arus balik Lebaran mulai dari sekarang karena sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan.

Demi kenyamanan para pemudik dimohon agar tidak membeli tiket di calo. Pengguna jasa perlu memastikan seluruh data penumpang tercatat dengan baik sebagai data manifest yang akurat adalah bentuk perlindungan asuransi bagi pengguna jasa. 

Mohon pastikan beli tiket online secara mandiri hanya di Website Ferizy, Aplikasi Ferizy, atau di mitra resmi ASDP, yaitu: Indomaret, Alfamart, Agen BRILink, dan Agen Finpay (Delima Point). Sementara, pembayaran tiketnya dapat dilakukan melalui cara transfer antarbank, e-wallet, gerai retail, internet banking, dan lainnya. (omy)