Dukung Keamanan Arus Balik, Super Air Jet Ramp Check Pesawat Airbus 320

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 27/Apr/2023 07:48 WIB
Pesawat Super Air Jet. (Ist) Pesawat Super Air Jet. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Super Air Jet menyatakan telah meningkatkan frekuensi penerbangan atau menambahkan rute penerbangan untuk memenuhi permintaan penumpang untuk arus balik mudik.

Direktur Utama Super Air Jet, Ari Azhari menyatakan, untuk menerbangkan paskaLebaran Super Air Jet tetap menjalankan ramp check secara teratur pada setiap pesawat sebelum keberangkatan. 

Baca Juga:
Perdana Mendarat di Bandara Adi Soemarmo, Pesawat Super Air Jet Rute Solo-Balikpapan PP

"Ramp check menjadi prosedur pemeriksaan fisik yang dilakukan pada pesawat sebelum keberangkatan. Pemeriksaan ini dilakukan oleh petugas yang terlatih dan dilakukan sesuai dengan protokol keselamatan yang ketat," ujar Ari, Kamis (27/4/2023).

Dijelaskan Ari, ramp check atau pemeriksaan acak merupakan pemeriksaan fisik yang dilakukan pada pesawat sebelum keberangkatan untuk memastikan bahwa pesawat dan sistemnya berfungsi dengan baik. Pemeriksaan ini dilakukan oleh petugas yang terlatih dan dilakukan sesuai dengan protokol keselamatan yang ketat. 

Baca Juga:
Super Air Jet Segera Hadirkan Rute Pangkalpinang - Batam

"Tujuan dari ramp check dari Super Air Jet adalah memastikan bahwa pesawat dalam kondisi baik dan aman untuk dioperasikan serta mengidentifikasi potensi kendala pada operasional penerbangan," terang Ari.

Menurut Ari, ramp check sangat penting untuk dilakukan pada pesawat Airbus 320-200, yaitu melakukan pemeriksaan sistem pesawat seperti sistem mesin, sistem bahan bakar, sistem navigasi, sistem pendaratan dan sebagainya. Jika ada masalah atau kerusakan yang ditemukan pada pesawat, maka dapat diatasi sebelum pesawat berangkat, sehingga pesawat dalam kondisi prima.

Baca Juga:
Super Air Jet Layani Rute Penerbangan Medan - Padang PP, Beroperasi Setiap Hari

"Super Air Jet menjalankan kepatuhan dengan regulasi. Ramp check merupakan persyaratan yang diatur oleh regulasi penerbangan dalam menjamin keamanan penerbangan," ujar Ari.

Diungkapkan juga, ramp check merupakan bagian dari pemeliharaan pesawat yang teratur. Dengan melakukan pemeriksaan secara teratur, Super Air Jet dapat memastikan bahwa pesawat dalam kondisi yang baik dan aman untuk terbang.

Pemeriksaan Pesawat Super Air Jet

Ramp Check pada Pesawat Airbus 320-200

Super Air Jet implementasikan beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh petugas pemeriksa atau teknisi. Beberapa persiapan yang perlu dilakukan antara lain:

Pemeriksaan kelengkapan dokumen penerbangan

Petugas pemeriksa harus memastikan bahwa semua dokumen terkait dengan pesawat dan penerbangan telah disiapkan dan tersedia. Dokumen tersebut meliputi manual pesawat, dokumen penerbangan, dan dokumen pemeliharaan.

Persiapan alat dan peralatan pendukung penerbangan

Petugas pemeriksa harus mempersiapkan alat dan peralatan yang diperlukan untuk melakukan pemeriksaan ramp.

Pemeriksaan pesawat dari luar (exterior)

Memeriksa kondisi pesawat dari luar, termasuk pemeriksaan visual untuk memastikan bahwa tidak ada kendala atau kerusakan pada badan pesawat, sayap, ekor, dan bagian lainnya.

Pemeriksaan pesawat dari dalam (interior)

Pengecekan kondisi pesawat dari dalam, termasuk pemeriksaan sistem kelistrikan, sistem bahan bakar, sistem kabin, dan sistem lainnya.

Pengujian sistem peralatan pesawat

Menguji sistem pesawat seperti sistem mesin, sistem navigasi, sistem pendaratan dan sebagainya untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi baik dan normal.

Pemeriksaan sistem pengisian bahan bakar

Pengecekan prosedur pengisian bahan bakar pada pesawat dan memastikan bahwa kualitas bahan sesuai dengan standar.

Pemeriksaan kondisi kru

Harus melakukan koordinasi dengan kru pesawat untuk memastikan bahwa pemeriksaan ramp dapat dilakukan dengan aman dan efektif.
(Fhm)