Bandara Soekarno-Hatta Siapkan Dukungan untuk Kesuksesan KTT ke-42 ASEAN

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 29/Apr/2023 17:26 WIB
Suasana di Bandara Soekarno-Hatta (dok) Suasana di Bandara Soekarno-Hatta (dok)


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN yang akan dihadiri sekitar 550 delegasi akan digelar waktu dekat yakni pada 10-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) yang dikelola PT Angkasa Pura II menjadi salah satu pintu masuk bagi para delegasi KTT ke-42 ASEAN untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Labuan Bajo.

Baca Juga:
Mantap, Meroket 15 Tangga, Bandara Soekarno-Hatta jadi Peringkat 28 Terbaik Dunia Tahun 2024

Sejalan dengan ini AP II telah menetapkan rencana operasi di Bandara Soekarno-Hatta sebagai persiapan dalam menyambut para delegasi termasuk para kepala negara. 

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, koordinasi dilakukan dengan seluruh stakeholder Bandara Soekarno-Hatta guna memastikan kelancaran kedatangan delegasi, transit dan keberangkatan para delegasi menuju Labuan Bajo.

Baca Juga:
Cuma 12 Hari Libur Lebaran, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Tembus 2,02 Juta, jadi Tersibuk di Asia Tenggara

“KTT ke-42 ASEAN di Indonesia sangat penting, dan AP II selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta siap mendukung penuh kesuksesan penyelenggaraan event tersebut, khususnya terkait perjalanan para delegasi dan sosialisasi event," jelas Awaluddin, Sabtu (29/4/2023).

Koordinasi dengan seluruh stakeholder Bandara Soekarno-Hatta telah dilakukan untuk memastikan keamanan, kelancaran penerbangan, serta kelancaran proses kedatangan internasional para delegasi dari luar negeri, dan keberangkatan domestik para delegasi menuju Labuan Bajo.

Baca Juga:
Penumpang di Puncak Arus Balik di 20 Bandara Angkasa Pura II Tembus 309.477, Operasional dan Layanan Lancar

Lebih lanjut, Awaluddin menyampaikan seluruh Bandara Soekarno-Hatta dan seluruh bandara AP II lainnya juga turut mendukung sosialisasi penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN. 

“Sebanyak 20 bandara AP II turut memeriahkan dan mendukung sosialisasi KTT ke-42 ASEAN melalui seluruh digital banner yang ada di terminal penumpang,” ujar dia

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana memastikan, kesiapan seluruh fasilitas keamanan dan layanan untuk menyambut para delegasi. 

Kedatangan delegasi dari luar negeri disiapkan melalui Terminal 3, dan Gedung VIP Terminal 3 bagi para VVIP, VIP serta menteri dari negara-negara ASEAN.

“Delegasi yang datang dari luar negeri dan tiba di Terminal 3 akan menemui hospitality desk dan menjalani proses kedatangan internasional. Bagi delegasi VVIP, VIP dan menteri negara-negara ASEAN akan menemui hospitality desk serta menjalani proses kedatangan internasional di Gedung VIP Terminal 3,” ujar Dwi Ananda.

Adapun Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 juga disiapkan untuk keberangkatan rute domestik para delegasi menuju Labuan Bajo.

Saat ini terdapat penerbangan setiap hari (daily) dari Bandara Soekarno-Hatta ke Labuan Bajo yang dioperasikan oleh tiga maskapai, yaitu Garuda Indonesia, Citilink dan Batik Air.

"Bandara Soekarno-Hatta membuka Posko di Gedung VIP yang terletak di kawasan Terminal 3 untuk memastikan kelancaran penanganan delegasi KTT ke-42 ASEAN. Posko juga terletak di area kedatangan internasional Terminal 3," tutup Dwi Ananda. (omy)