Lantik Perwira BP3IP Jakarta, Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Keselamatan dan Perlindungan Maritim

  • Oleh : Naomy

Rabu, 03/Mei/2023 22:02 WIB
Djoko Sasono lantik lulusan BP3IP Jakarta Djoko Sasono lantik lulusan BP3IP Jakarta

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Djoko Sasono memimpin Upacara Bon Voyage ke-65 dan Pelepasan Perwira Transportasi Laut ke-55 Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta di Kampus, Rabu (3/5/2023).

Djoko menyampaikan, guna mendukung keselamatan pelayaran, para pelaut harus memastikan kapalnya memenuhi standar keselamatan dan keamanan berlayar serta perlindungan lingkungan maritim. 

Baca Juga:
Cadet Corner Poltekpel Banten Diresmikan, Terapkan Program Merdeka Belajar

"Para lulusan harus bertanggungjawab untuk memastikan praktik pelayaran dan aspek lingkungan sesuai dengan regulasi Internasional, yang menjunjung profesionalisme, keselamatan dan pencegahan pencemaran lingkungan laut," ungkapnya.

Tema Bon Voyage kali ini, selaras dengan International Maritime Organization (IMO) World Maritime Theme 2023 “MARPOL at 50 - Our Commitment Goes On” yang menyoroti International Convention for the Prevention of Pollution from Ships (MARPOL).

Baca Juga:
Capt. Wisnu Minta Pegawai BPSDMP Tingkatkan Semangat Kerja

Djoko mengucapkan selamat kepada peserta Bon Voyage ke-65 dan Pelepasan Perwira Transportasi Pelayaran ke-55 yang telah berhasil melalui rangkaian Pendidikan dan Pelatihan Kepelautan Tingkat I, II, III dan IV di BP3IP Jakarta.

“Saya yakin bahwa saudara mengalami peningkatan kompetensi dan mampu melaksanakan tugas di atas kapal serta menyelesaikan permasalahan dengan tangguh dan andal dengan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia yang merupakan bangsa maritim," ujarnya.

Baca Juga:
BPSDMP Gelar DPM Bidang Kepelautan Bagi Masyarakat Sumbar

Pada Bon Voyage dan Pelepasan Perwira Transportasi ini, BP3IP Jakarta meluluskan 105 lulusan diklat pelaut, yang terdiri dari Diklat Pelaut Tingkat I Bidang Keahlian Nautika dan Teknika sebanyak 38 orang, Diklat Pelaut Tingkat II Bidang Keahlian Nautika dan Teknika sebanyak 24 orang, Diklat Pelaut Tingkat III Bidang Keahlian Nautika dan Teknika sebanyak 14 orang, Diklat Pelaut Tingkat IV Bidang Keahlian Nautika dan Teknika sebanyak 29 orang.

Kepala Seksi SDM Bidang Sumber Daya BP3IP, Yohana Savitri Sianturi mengatakan, para lulusan telah mengikuti pendidikan dan pelatihan dengan sistem dan metode pembelajaran yang mencakup tiga kriteria kompetensi.

"Yaitu kompetensi profesional, kompetensi nilai dan sikap, serta kompetensi untuk siap menghadapi perubahan," ujarnya. (omy)