Arus Mudik Angkutan Kereta Api Daop 1 Jakarta Berjalan Lancar dan Aman

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 04/Mei/2023 16:58 WIB
Foto/dok.KAI Foto/dok.KAI

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Secara keseluruhan situasi arus mudik dan arus balik angkutan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari area Daop 1 Jakarta terpantau lancar dan kondusif serta seluruh perjalanan KA berlangsung lancar, aman, selamat dan tepat waktu. Hal itu diungkapkan oleh Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, Kamis (4/5/2023).

Eva juga menjelaskan, pada masa angkutan Lebaran 2023, volume penumpang berangkat menggunakan KAJJ secara total meningkat hingga 20 persen jika dibandingkan tahun 2022 lalu. 

Baca Juga:
Calon Penumpang Kereta Api Harus Atur Waktu yang Cukup Agar Tidak Ketinggalan KA

"Jumlah tersebut juga hampir mendekati jumlah volume penumpang di masa sebelum pandemi," ungkap Eva.

Dari sisi keamanan dan keselamatan Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri pengamanan seluruh objek vital pada masa angkutan lebaran. Kerjasama dengan Basarnas dan 45 provider Rumah Sakit juga dilakukan guna percepatan penanganan kondisi darurat. 

Baca Juga:
1.816.331 Tiket Kereta Api Lebaran Telah Laku Terjual, Paling Ramai Pemudik pada 6 April

Daop 1 Jakarta juga melakukan penambahan petugas pelayanan seperti Customer Service Mobile (CSM) yang disiapkan untuk membantu calon penumpang yang membutuhkan informasi serta mengatur alur penumpang agar tidak terjadi kepadatan di satu titik tertentu. 

Penempatan alat material untuk siaga (AMUS) juga dilakukan di 19 titik untuk mempercepat penanganan jika terjadi kondisi kendala operasional. Sejumlah petugas prasarana juga ditempatkan dibeberapa area daerah pengawasan khusus untuk memantau jika ada kondisi yang perlu diantisipasi terkait keselamatan dan keamanan. 

Baca Juga:
KAI: 50 Persen Tiket Kereta Api Angkutan Lebaran 2024 Terjual, Ayo Tentukan Hari Mudikmu!

Sebelumnya pada masa angkutan lebaran 2023 mulai 12 April (H-10) hingga 3 Mei (H+10). Secara total PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan 1.513 perjalanan KA Jarak Jauh untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. 

"Di area Daop 1 pada masa angkutan lebaran mulai terjadi sejak 14 April 2023 dengan rata-rata volume penumpang berangkat sekitar 40 ribu sampai dengan 43 ribu," ujar Eva.

Secara total pada masa Angkutan Lebaran 2023 sejak 12 April sampai dengan 4 Mei 2023 terdapat sekitar 780 ribu penumpang KAJJ yang berangkat dari Area Daop 1 Jakarta melalui Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek. 

Dari jumlah 780 ribu penumpang berangkat tersebut 480 ribu penumpang diantaranya menggunakan KA dengan keberangkatan awal dari stasiun Pasar Senen dan 300 ribu lainnya penumpang berangkat dari Stasiun Gambir. 

"Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung," kata Eva. 

Selain melakukan persiapan melalui penambahan perjalanan KA serta memastikan keandalan sarana yang beroperasi, Daop 1 Jakarta juga menambah sejumlah fasilitas di Stasiun seperti kursi tunggu, meja pemeriksaan tiket, penyediaan air minum isi ulang hingga area bermain anak. 

Sejumlah fasilitas toilet dan area ibadah juga diperbaharui seperti yang dilakukan di Stasiun Pasar Senen dan Gambir. (fhm)