Kemenhub Apresiasi Dukungan Nelayan Labuan Bajo dalam Kelancaran KTT ASEAN dan Bagikan 1.000 Paket Sembako

  • Oleh : Naomy

Selasa, 09/Mei/2023 11:52 WIB
Direktur KPLP serahkan sembako bagi para nelayan Labuan Bajo Direktur KPLP serahkan sembako bagi para nelayan Labuan Bajo

LABUAN BAJO (BeritaTrans.com)  Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut memberikan apresiasi kepada para Nelayan di Labuan Bajo, NTT yang telah mendukung kelancaran acara KTT ASEAN ke 42 pada 9 s.d. 13 Mei 2023. 

Peran para nelayan menurut Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Rivolindo, sangat besar dalam mewujudkan ketertiban perairan selama perhelatan berlangsung di wilayah tersebut.

Baca Juga:
Kebakaran Kapal MV Layar Anggun 8 di Perairan Tanjung Berakit Berhasil Diselamatkan Tim KPLP

Sebagai bentuk apresiasi, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan memberikan bantuan 1.000 paket sembako kepada para nelayan. Direktur KPLP didampingi oleh Wakil Bupati Manggarai Barat, Yulianus Weng.

Adapun Penyerahan bantuan sembako ini merupakan arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dilaksanakan di terminal multipurpose Wae Kelambu, Labuan Bajo NTT dan dikoordinir oleh Kepala Kantor KSOP Kelas III Labuan Bajo, Hasan Sadili. 

Baca Juga:
Kemenhub Fasilitasi Mudik Gratis dari Pelabuhan Celukan Bawang ke Kepulauan Raas

"Kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik antara para nelayan dan instansi terkait dalam menjaga keamanan, ketertiban dan kelancaran selama perhelatan acara KTT ASEAN ke 42," tutur Rivolindo di Labuan Bajo, Selasa (9/5/2023).

Semoga bantuan ini bermanfaat bagi para nelayan di wilayah Labuan Bajo.  

Baca Juga:
Ditjen Hubla Gelar Pelatihan Boarding Officer bagi Awak Kapal Patroli

"Kami juga mengapresiasi para nelayan yang telah membantu menjaga keamanan, ketertiban dan kelancaran acara, serta menunjukkan solidaritas yang tinggi dari masyarakat nelayan Labuan Bajo," ujarnya.

Selanjutnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berharap agar kebersamaan dan dukungan dari para nelayan terus terjaga di masa depan, serta dapat terus berkontribusi dalam menjaga keamanan dan kelancaran kegiatan di wilayah Labuan Bajo, NTT.

Acara ini turut dihadiri Kadis KKP Manggarai Barat, Ka Satpol PP Labuan Bajo, GM Pelindo cabang Labuan Bajo, Kepala Cabang PT Pelni, GM ASDP Labuan Bajo.

Sebagai informasi, dalam rangka memastikan keamanan dan kelancaran acara, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat lKPLP telah menyiagakan dua Kapal Patroli KPLP dan sejumlah personel di perairan Labuan Bajo.

Kapal patroli yang diterjunkan adalah Kapal Patroli KPLP KN Chundamani P.116, yang dimiliki oleh Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak dan KN Jembio milik Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok.

Selain memberikan dukungan dua kapal patroli KPLP untuk menjaga perairan Labuan Bajo, Kementerian Perhubungan menugaskan PT Pelni menyiapkan kapal KM. Sinabung berkapasitas 2.000 pax sebagai akomodasi terapung bagi para tamu negara, media asing maupun panitia pelaksana di Dermaga Pelabuhan Labuan Bajo pada 6 sd 12 Mei 2022 tanpa dipungut biaya.

Kemenhub juga menyiapkan sarana dan prasarana kepelabuhanan dalam menyambut kapal-kapal yang sandar di Pelabuhan Labuan Bajo seperti Kapal KRI, Kapal Rumah Sakit, kapal Yacht dan lain sebagainya. (omy)