Polri Berikan Pengamanan VVIP Delegasi KTT ASEAN yang Menginap di Luar Labuar Bajo

  • Oleh : Bondan

Rabu, 10/Mei/2023 12:45 WIB
Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan. Foto: istimewa. Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan. Foto: istimewa.

LABUAN BAJO (BeritaTrans.com) -- Dalam pengamanan tamu delegasi KTT Asean Summit ke-42 di Labuan Bajo, Polri tidak hanya memberikan pengamanan untuk para delegasi dan kepala negara yang menginap di Labuan Bajo saja, tetapi pengamanan diberikan Polri kepada para seluruh delegasi meski tak menginap di Labuan Bajo. 

Seperti Kepala Negara Brunei Darussalam yang menginap di Bali, Polri tetap berikan pengamanan dan pengawalan.

Baca Juga:
Kabid Humas Polda Metro Jaya Beri Penghargaan Kepada Kasi Humas Dan Personel Berprestasi

“Tadi pagi 07.45 WITA untuk Brunei ini mendarat langsung menuju ke Meurorah, langsung kita kawal, begitu juga dengan di Bali, juga diberlakukan sama untuk pengamanan Sultan Brunei ini, jadi pengamanannya berlaku pengamanan VVIP,” ujar Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan yang juga selaku Kasatgas Walrolakir Operasi Komodo Terpusat 2023.

Aan menjelaskan, bahwa Polri bersama dengan TNI akan memberikan pengamanan objek, termasuk rute dan pengawalan dari hotel menuju ke bandara begitu juga sebaliknya.

Baca Juga:
Polda Metro Jaya: Jika Ada Ormas Paksa Minta THR, Laporkan!

“Nanti malam setelah dinner untuk sultan brunei ini akan kembali ke bali. Itu pengamanan Kepala Negara yang ada diluar Labuan Bajo.
Pengawalan sudah disiapkan di Bali, pengamanan rute kita gunakan personel yang ada di Bali,” tambah Aan, Rabu (10/5/2023).

Pengamanan yang dilakukan Polri kepada para Delegasi baik yang di Labuan Bajo maupun di Bali, Aan menambahkan bahwa pengendaliannya tetap dari command center, selain itu juga bisa dikendalikan melalui aplikasi K3i.

Baca Juga:
Polisi Bagi-Bagi Sembako kepada Pengemudi Ojol Hingga Disabilitas di Jakarta Selatan

“Kita kendalikan kapan berangkat, kapan tiba, sampai dimana di perjalanan itu kita kendalikan dari sini semua, semua sudah ada jadwal keberangkatan dan ketibaan. Dari command center sudah dapat terpantau semua termasuk Polres penyangga, kemudian Polda penyangga, ada Bali, NTB kemudian polres-polres sekitar Labuan Bajo itu semua terpantau dari command center,” pungkas Aan. (Dan)