Kementerian KP Gandeng Perguruan Tinggi Perkuat Sistem Jaminan Mutu dan Keamanan Ikan di Sultra

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 11/Mei/2023 20:34 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

KENDARI (BeritaTrans.com) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng sejumlah kampus di Sulawesi Tenggara untuk turut memperkuat sistem jaminan mutu dan keamanan produk perikanan di wilayah itu. Kerja sama ini di antaranya mencakup transfer ilmu pengetahuan dan pengalaman bidang karantina kepada para mahasiswa. 

Melalui Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), KKP menandatangi perjanjian kerjasama dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Halu Oleo, Fakultas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Universitas Sembilan Belas November Kolaka, dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Muhammadiyah Kendari.

Baca Juga:
Kementerian-KP Raih Pengakuan Standar Internasional Anti Suap

"Kerjasama ini ditujukan untuk memajukan sektor kelautan dan perikanan di Provinsi Sulawesi Tenggara pada khususnya dan Indonesia pada umumnya," kata Kepala BKIPM Pamuji Lestari usai berkunjung ke Kendari, Senin, (8/5/2023).

Sosok yang akrab disapa Tari ini mengatakan kerjasama lintas sektor memegang peranan penting untuk memastikan partisipasi dan kontribusi semua pihak maupun stakeholder bersifat optimal. Dikatakannya, BKIPM sesuai dengan tugas dan fungsi nya memerlukan dukungan Kementerian/Lembaga terkait, Pemerintah Daerah, Institusi Pendidikan dan unsur terkait lainnya dalam upaya menjaga mutu dan keamanan hasil perikanan Indonesia mulai dari hulu sampai hilir. Termasuk agar ketersediaan pangan bergizi berjalan secara kontinyu dan konsisten.

Baca Juga:
KKP Pastikan Stok Ikan Aman Menjelang Idulfitri, Cold Storage Terisi 68 Ribu Ton Ikan

"Kami harap adanya internalisasi formal bidang keahlian KIPM ke dalam dunia akademik seperti pembentukan Mata Kuliah KIPM," jelas Tari. 

Melalui kerjasama ini, BKIPM memastikan kesiapannya dalam memberikan transfer pengetahuan dan pengalaman melalui kesempatan magang bagi para mahasiswa di kantor dan lab UPT. Tari memaparkan sektor kelautan dan perikanan Sulawesi Tenggara memiliki prospek yang sangat baik, terbukti dengan kegiatan ekspor yang relatif konsisten bahkan selama pandemi covid 19. 

Baca Juga:
Kementerian-KP Atur Kuota Wisata di Kawasan Konservasi Nasional

Sebagai gambaran, nilai ekspor hasil perikanan Sulawesi Tenggara melalui Stasiun KIPM Kendari Pada Tahun 2020 mencapai nilai Rp62,78 miliar dan pada tahun 2021 meningkat menjadi Rp126,96 miliar. Negara tujuan ekspor dari Sultra meliputi Singapura, Jepang, Amerika Serikat, Brunei Darussalam, dan Australia.

"Komoditas unggulan dari Sultra diantaranya Kepiting Bakau, Tenggiri, Kerapu, Udang Vannamae dan Tuna," urainya.

Dalam kesempatan ini, Tari mengungkapkan tren perdagangan komoditas perikanan juga semakin prospektif dan menjanjikan masa depan yang cerah. Berdasarkan data dari organisasi dibawah PBB yakni Organization for Economic Co-operation Development (OECD) and the Food and Agricultural Organization (FAO) didapatkan fakta bahwa konsumsi ikan dunia dan nasional yang meningkat serta kesadaran masyarakat akan substitusi protein daging merah kepada ikan yang dinilai memiliki berbagai keunggulan. 

"Saat ini jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan menjadi suatu keniscayaan," tutupnya.
(Fhm)