Dirgakkum Korlantas: Alhamdulillah, Pengamanan KTT ASEAN Berjalan Kondusif

  • Oleh : Bondan

Jum'at, 12/Mei/2023 14:39 WIB
Apel Konsolidasi Satgas III Walrolakir (Pengawalan, Rute, Patroli dan Parkir) Operasi Komodo Terpusat 2023 digelar di halaman Mapolres Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (12/5/2023). Foto: istimewa. Apel Konsolidasi Satgas III Walrolakir (Pengawalan, Rute, Patroli dan Parkir) Operasi Komodo Terpusat 2023 digelar di halaman Mapolres Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (12/5/2023). Foto: istimewa.

MANGGARAI BARAT (BeritaTrans.com) -- Apel Konsolidasi Satgas III Walrolakir (Pengawalan, Rute, Patroli dan Parkir) Operasi Komodo Terpusat 2023 digelar di halaman Mapolres Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (12/5/2023).

Pembina Apel dipimpin oleh Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan selaku Kasatgas III Walrolakir, yang dihadiri oleh para anggota Polantas BKO dari Ditlantas Polda Jabar, Ditlantas Polda Jateng, Ditlantas Polda Jatim, Ditlantas Polda Bali, Ditlantas Polda NTB, Ditlantas Polda Sulteng, Ditlantas Polda Sultra, Ditlantas Polda Sulsel, dan Ditlantas Polda NTT.

Baca Juga:
Polisi Bagi-Bagi Sembako kepada Pengemudi Ojol Hingga Disabilitas di Jakarta Selatan

“Apa yang kita laksanakan mulai tanggal 02, persiapan-persiapan sampai pagi hari ini, syukur alhamdulillah situasi secara umum untuk labuan bajo dan sekitarnya ini masih kondusif, pengamanan VVIP yang sudah kita lakukan, syukur alhamdulillah juga ini sudah berjalan baik. Ini perlu kita apresiasi untuk kita semua,” ucap Aan.

Aan menerangkan bahwa keberhasilan Polri dalam pengamanan KTT Asean Summit ke-42 ini tentu hasil jerih payah semua personel, yang siap mengamankan mulai dari berangkat pagi hingga pulang pagi.

Baca Juga:
Safari Ramadhan, PJU Polda Metro Jaya Tarawih Keliling Pererat Silaturahmi dengan Masyarakat

“Tentu hasil jerih payah yang kita lakukan ini membuahkan hasil yang menggembirakan. Pimpinan kita pak Kapolri dan pak Kakorlantas mengucapkan terimakasih kepada kita semua, terutama pengamanan rute, parkir dan pengawalan,” terang Aan.

Aan menambahkan evaluasi untuk ke depan, kesiapan-kesiapan dalam pengamanan event biasanya dilakukan jauh sebelum hari pelaksanaan event. Seperti G20 Bali kemarin, persiapan pengamanan sudah dilakukan satu tahun sebelum event dilaksanakan. Namun persiapan pengamanan KTT Asean di Labuan Bajo ini hanya dua minggu sebelum pelaksanaan, tetapi seluruh anggota bisa memberikan pengamanan yang maksimal, dari kegiatan main event maupun side event. Ini luar biasa.

Baca Juga:
Dalam Rangka Cooling System Pemilu, Ditbinmas Polda Metro Jaya Gelar Subuh Keliling Sekaligus Serahkan Bantuan Alquran Dan Sembako

“Pak Kapolri pimpinan kita cukup puas dengan hasil yang kita peroleh ini, sekali lagi atas nama pimpinan saya ucapkan terimakasih atas jerih payah rekan-rekan sekalian,” sebut Aan.

Apresiasi juga diberikan oleh Kakorlantas Polri kepada seluruh anggota yang tergabung dalam Satgas III Walrolakir Operasi Komodo Terpusat 2023, yakni sertifikat yang bisa digunakan untuk poin. Selain itu, Kakorlantas juga menitipkan kendaraan-kendaraan listrik kepada Ditlantas Polda NTT untuk dapat digunakan dalam pengawalan dan patroli.

“Kita juga meninggalkan 20 unit sepeda motor listrik yang kecil, 4 unit motor besar berbasis listrik dan 1 unit kendaraan roda empat juga berbasis listrik. Silahkan dipelihara dan dijaga, sehingga dapat mendukung kegiatan operasional Labuan Bajo. Sekali lagi, terimakasih, terimakasih dan terimakasih semuanya,” pungkas Aan. (Dan)