Sejak Diluncurkan, Pengguna DAMRI Apps Terus Meningkat Tiap Tahunnya

  • Oleh : Ahmad

Senin, 15/Mei/2023 20:49 WIB
Foto:istimewa/DAMRI Foto:istimewa/DAMRI

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Aplikasi DAMRI Apps yang diluncurkan pada 2019 mengiringi transformasi digitalisasi DAMRI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan melalui transaksi yang lebih efisien dan efektif dengan beragam pilihan bentuk pembayaran.

Corporate Secretary Akhmad Zulfikri mengatakan bahwa DAMRI Apps mampu mencetak sebanyak 338.214 transaksi secara online via DAMRI Apps sejak awal diresmikan pada 2019 hingga April 2023. Volume transaksi di DAMRI Apps menunjukkan peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun. 

Baca Juga:
DAMRI Gelar Donor Darah Wujudkan Kehidupan Sehat Bagi Sekitar

Terjadi peningkatan volume transaksi DAMRI Apps sebesar 25 persen (yoy) pada periode 2019-2020 dengan jumlah transasi pada 2019 sebanyak 37.138 dan 2020 sebanyak 46.533. Lalu, kenaikan signifikan sebesar 77 (yoy) persen terjadi pada periode 2020-2021 dengan jumlah transaksi pada 2021 sebesar 82.758. Peningkatan terus terjadi hingga tahun 2022 sebesar 20 persen (yoy) pada periode 2021-2022 dengan jumlah transaksi pada 2022 sebanyak 99.726. Adapun, volume transaksi pada Januari hingga April 2023 sudah mencapai 72.059 penjualan via aplikasi.

Dalam kurun waktu 3 tahun, volume transaksi di DAMRI Apps terus meningkat didukung oleh kondisi pandemi yang mendorong hubungan interaksi masyarakat untuk adaptif menggunakan teknologi digital.

Baca Juga:
DAMRI Jual 89 Ribu Tiket Lebih, Periode Perjalanan Sampai 23 April 2024

Saat ini, DAMRI Apps tersedia untuk layanan Angkutan Pariwisata, Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Angkutan Bandara, dan Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN), dengan kelas Bisnis, Eksekutif, dan Royal. Adapun, tersedia untuk layanan Angkutan Perintis dengan rute Pool DAMRI Mataram ke Terminal Taliwang dan Pool DAMRI Mataram ke Maluk.

“Peningkatan layanan fasilitas pemesanan tiket secara _online_ via DAMRI Apps akan secara bertahap dilakukan pengembangan agar mewujudkan efisiensi dan kemudahan bagi pelanggan sebagai bentuk upaya DAMRI memanfaatkan peluang dalam era digital,” kata Fikri.

Baca Juga:
Kurangi Biaya Masyarakat, DAMRI Fasilitasi 7 Armada untuk Mudik PP Gratis di Merauke

DAMRI Apps pun mudah digunakan untuk segala golongan karena _User Interface_-nya (UI) yang tata letaknya tampak jelas dan menggunakan perpaduan warna yang pas. Adapun, tersedianya fitur pembayaran secara online pun menjadi salah satu kemudahan bagi pelanggan untuk memesan tiket dengan praktis, mudah, dan cepat.

Dengan memanfaatkan DAMRI Apps, pelanggan bisa mendapatkan banyak fitur – fitur yang tersedia termasuk melakukan _refund_ ataupun _reschedule_ tiket yang telah dipesan. Ke depannya, DAMRI sedang mempersiapkan DAMRI Apps dengan fitur-fitur pendukung, seperti fitur hiburan dan asuransi, serta fitur-fitur pelengkap yang mendukung kebutuhan perjalanan pelanggan.

Pelanggan bisa mengunduh DAMRI Apps melalui Google Playstore dan App Store untuk memesan tiket via aplikasi.

 

*Berikut langkah-langkah memesan tiket secara _online_ via DAMRI Apps*:

1. _Login_ / Registrasi untuk pengguna baru

2. Pilih titik keberangkatan dan tujuan

3. Pilih tanggal keberangkatan dan jumlah kursi

4. Lalu akan muncul jadwal yang tersedia, klik jadwal yang dipilih

5. Isi biodata diri

6. Konfirmasi detail pemesanan

7. Melakukan pembayaran

8. _Ticket Issued_.

 

“Inovasi DAMRI Apps diharapkan dapat secara bertahap menjangkau seluruh layanan sehingga dapat membantu peningkatan dan kemudahan pelayanan terhadap pelanggan agar semakin mudah, cepat, dan nyaman,” tutup Fikri.(ahmad) 

Tags :