Angkasa Pura I Layani 5,3 Juta Penumpang pada April, Naik 55% dari Tahun Lalu

  • Oleh : Naomy

Selasa, 16/Mei/2023 11:11 WIB
Suasana di salah satu Bandara Angkasa Pura I Suasana di salah satu Bandara Angkasa Pura I

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Angkasa Pura I terus menunjukkan kinerja positif sepanjang tahun berjalan 2023. 

Perusahaan mencatat telah melayani 5,3 juta penumpang sepanjang April 2023. Angka ini mengalami pertumbuhan 55% dibandingkan April 2022 yang mencapai 3,4 juta penumpang. 

Baca Juga:
InJourney Airport Klaim Sangat Siap Hadapi Angleb 2024

Sedangkan untuk pergerakan pesawat udara, Angkasa Pura I mencatat melayani sebanyak 44.988 pergerakan, atau tumbuh sebesar 11% dibandingkan dengan jumlah pergerakan pesawat pada periode yang sama pada tahun lalu mencapai 40.572 pergerakan.

“Kami sangat bangga dan bersyukur bahwa Angkasa Pura I tetap mempertahankan pertumbuhan double digit atau di atas rata-rata pertumbuhan industri aviasi. Ini menjadi tren positif karena perusahaan terus memberikan performa yang baik sepanjang 2023,” urai Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi, Selasa (16/5/2023). 

Baca Juga:
Jelang Angleb, Bandara Supadio Pontianak Memastikan Pelayanan Prima

Dia menguraikan, 5,3 juta penumpang pada April 2023 terdiri dari 4,2 juta penumpang rute domestik dan 1,1 juta penumpang rute internasional. 

Khusus penumpang rute internasional, jumlahnya terus mengalami peningkatan setiap bulannya sesuai dengan pertumbuhan penumpang internasional se-Indonesia. 

Baca Juga:
Sepanjang Februari, AP1 Layani 5 Juta Penumpang

Hal ini sesuai dengan data yang disampaikan International Air Transport Association (IATA) bahwa pada Januari-Februari 2023, Indonesia merupakan negara yang memiliki recovery rate penumpang internasional tertinggi di region Asia Pasifik. 

Pertumbuhan recovery rate penumpang internasional Indonesia di atas Thailand, salah satu negara yang memiliki jumlah penumpang internasional terbesar di Asia Pasifik. 

“Ini menjadi pertanda baik bahwa Angkasa Pura I sebagai gerbang udara domestik maupun internasional harus selalu menjaga pertumbuhan double digit dengan terus menjaga dan meningkatkan service excellence kepada seluruh pengguna jasa bandara,” tutup Faik. (omy)