Mantap, KSOP Cirebon Raih Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015

  • Oleh : Naomy

Rabu, 17/Mei/2023 11:20 WIB
Sesditjen Perhubungan Laut bersama Kepala KSOP Cirebon Sesditjen Perhubungan Laut bersama Kepala KSOP Cirebon

CIREBON (BeritaTrans.com) - Mantap, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Cirebon berhasil meraih Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dari Lyoyd's Registered Quality Assurance (LRQA), Rabu (17/5). 

Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ini diperoleh setelah menjalani audit kinerja yang dilaksanakan LQRA yang membuktikan bahwa kualitas pelayanan, manajemen mutu, kinerja dan efisiensi pekerjaan yang dilakukan saat ini sudah berjalan dengan baik.

Baca Juga:
Sesditjen Hubla Tinjau Pelabuhan Muara Angke

Atas pencapaian tersebut Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Lollan Panjaitan menyampaikan apresiasi atas keberhasilan meraih Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015.

“Untuk capaian tersebut saya menyampaikan apresiasi kepada KSOP Kelas II Cirebon telah mendapatkan Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015,” ucap Lollan, Rabu (17/5/2023).

Baca Juga:
Standarisasi Pelayanan Pelabuhan Dibutuhkan untuk Meningkatkan Kinerja Lognas

Dia juga mengapresiasi KSOP Kelas II Cirebon karena dalam meraih Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 merupakan inisasi sendiri dari Kepala Kantor KSOP Kelas II Cirebon.

Ke depan Lollan berharap dapat melecut Unit Pelaksana Teknis (UPT) lain untuk dapat melakukan hal serupa, sehingga  pelayanan jasa kepelabuhanan memiliki standar mutu yang baik.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Diseminasi Pendokumentasian Pelayanan Publik

“Raihan Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dari LQRA ini merupakan inisiasi sendiri dari KSOP Kelas II Cirebon saya mengapresiasi juga akan langkah tersebut, untuk UPT-UPT lain saya harap dapat terlecut dengan capaian dari KSOP Kelas II Cirebon ini sehingga pelayanan jasa kepelabuhanan memiliki standar mutu yang baik,” urai dia.

Lebih lanjut Lollan mengatakan, penyelenggaraan ISO 9001:2015 di Kantor KSOP Kelas II Cirebon merupakan bukti implementasi pengembangan mutu kinerja pegawai dan pengembangan pelayanan di Kantor KSOP Kelas II Cirebon, serta sebagai bukti memiliki semangat responsif.

Kepala Kantor KSOP Kelas II Cirebon Aries Wibowo mengatakan ISO 9001:2015 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu, yang berisi persyaratan-persyaratan sistem manajemen mutu yang mengarahkan organisasi untuk mengendalikan proses-prosesnya menuju pencapaian sasaran termasuk diantaranya adalah kepuasan pelanggan, kesesuaian dengan peraturan dan perundang-undangan serta peningkatan mutu yang berkesinambungan.

“Kami telah memeroleh Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dari LRQA dengan ruang lingkup sertifikasi penyediaan aspek administratif yang terkait dengan kegiatan pelayanan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan,” ucap Aries.

Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015  melalui proses audit yang dilaksanakan oleh  LRQA Indonesia    melalui dua tahapan.

Pada 24 maret 2023  dan 13 s/d 14  April 2023. Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 pada Kantor KSOP Kelas II Cirebon diperoleh atas berkat dukungan dari seluruh unsur yang ada di Pelabuhan Cirebon dan komitmen seluruh pegawai Kantor KSOP Kelas II Cirebon. 

“Untuk itu kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada semua pihak atas kerjasama dan dukungannya, dengan diperolehnya  sertifikasi ini diharapkan juga akan  mendorong terus melakukan inovasi guna meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa di tengah-tengah dinamisnya permintaan dan kebutuhan yang semakin kompleks,” tutup Aries. (omy)