IPC TPK Dukung Pemerintah, Buka Layanan Export ke India

  • Oleh : Ahmad

Jum'at, 19/Mei/2023 16:15 WIB
foto:istimewa/ipctpk foto:istimewa/ipctpk

JAKARTA (BeritaTrans.com) - IPC Terminal Petikemas/IPC TPK melayani Direct Service baru tujuan India. Layanan bernama Thailand Chittagong Service (TCS) diawali dengan sandarnya MV Green Hope di Terminal 3 Internasional Tanjung Priok,Kamis (18/52023).

Layanan yang dibawa oleh Agen MAP Trans Logistik dan Arungi Khatulistiwa Nusantara (KN) dari Principal VASI Shipping Line melayani rute Laem Chabang – Surabaya – Jakarta – Port Klang – Chittagong – Yangoon – Katupali. Dibukanya layanan baru ini diharapkan mendorong aktivitas ekspor ke India.

Baca Juga:
Program TJSL, IPC TPK Berbagi Berkah di Bulan Ramadhan

“Sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo terkait dengan perdagangan Bilateral Indonesia dengan India, kami mendukung penuh langkah tersebut dengan melayani service baru TCS.” ujar Guna Mulyana, Direktur Utama IPC TPK, dalam keterangan resmi, Jumat (19/5/2023).

Dilansir dari laman www.kemendag.go.id, total perdagangan Indonesia dan India tahun 2022 mencapai 32,71 miliar dollar AS atau naik 55,68% dibanding tahun sebelumnya yang tercatat 21,01 miliar dollar AS. Di tahun yang sama, ekspor Indonesia ke India sebesar 23,38 dollar AS sementara impor Indonesia dari India 9,33 dollar AS. Dengan demikian, Indonesia capai surplus perdagangan 14,05 miliar dollar AS.

Baca Juga:
Konsistensi IPC TPK Pastikan Keamanan dan Keselamatan Kerja

MV Green Hope yang berbendera Panama tersebut memiliki LOA 172 meter dan Beam 28 meter. Kapal yang bertolak dari Surabaya ini rencananya akan memuat 332 TEUs dari Terminal 3 IPC TPK. Kapal ini menjadi New Service ke-2 di tahun 2023.

“Kami berterima kasih kepada team IPC TPK yang sudah sangat membantu kelancaran menangani kapal perdana ini dan akan menjadi mitra kerja yang berkelanjutan. Harapannya MAP Trans Logistik dan Arungi KN dapat memberikan kontribusi yang berarti untuk industri ini dengan mengedepankan kolaborasi terhadap seluruh stakeholders dan ekosistem yang ada. Rencana kedepan untuk dapat menambah layanan langsung dari Jakarta ke beberapa pelabuhan tujuan yang cukup potensial seperti misalnya tujuan Middle East.” ujar Dhany Novianto CEO at Arungi Khatulistiwa Nusantara.

Baca Juga:
IPC TPK Tetapkan Strategi Bisnis Tahun 2024

Seremoni penyambutan dihadiri oleh Direktur Operasi & Teknik IPC TPK Ahmad Mimbar dan Dhany Novianto CEO at Arungi Khatulistiwa Nusantara sebagai tanda telah dibukanya layanan baru dengan tujuan akhir negara yang memiliki populasi terbanyak ke-2 di dunia tersebut.

“India menjadi negara tujuan ekspor Indonesia rata-rata terbesar dalam 5 tahun terakhir. Harapannya layanan TCS nantinya dapat memfalisitasi pemerintah dalam mendorong angka ekspor dan potensi bisnis bagi para pelaku usaha serta UMKM dalam memperluas pangsa pasar dan memasarkan komoditas unggulan Indonesia serta produk dalam negeri ke India”, tutup Guna Mulyana.(ahmad)