Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Ungkap Alasan Mau Gabung Kabinet Presiden Jokowi: Saya Tidak Ingin Bangsa Ini Pecah

  • Oleh : Dirham

Selasa, 23/Mei/2023 10:00 WIB
Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akhirnya mengungkap alasannya mau bergabung dengan kabinet Presiden Jokowi setelah kalah dalam Pilpres 2019. Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akhirnya mengungkap alasannya mau bergabung dengan kabinet Presiden Jokowi setelah kalah dalam Pilpres 2019.

JAKARTA (BeritaTrans.com)  - Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto akhirnya mengungkap alasannya mau bergabung dengan kabinet Presiden Jokowi setelah kalah dalam Pilpres 2019. Prabowo bersedia gabung pemerintahan demi persatuan dan menghindari perpecahan. 

"Kalau kita lihat sejarah beberapa tahun yang lalu, waktu saya diajak oleh Pak Joko Widodo, saya tidak berpikir panjang, saya langsung mengatakan ya, saya bergabung, ya saya rekonsiliasi, ya saya ingin bersatu," ungkap Prabowo dikutip dari channel YouTube GerindraTV, Senin (22/3/2023). 

Hal itu diungkapkan Prabowo saat menghadiri istigasah nasional dan doa bersama untuk keselamatan bangsa di Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, Jawa Timur, Minggu 21 Mei 2023. 

"Saya tidak mau bangsa ini terbelah. Saya tidak mau bangsa ini pecah. Saya tidak mau bangsa ini tidak bangkit menjadi bangsa yang besar dan bangsa yang makmur," katanya. 

Prabowo menilai Indonesia merupakan bangsa yang kuat. Bahkan, saat ini menjadi negara yang disegani oleh dunia. 

Hal itu dibuktikan saat Indonesia menghadapi pandemi Covid-19. Indonesia bisa keluar dari pandemi Covid-19 di luar dugaan negara lain.

"Saya ingat waktu di kabinet itu semua negara, WHO, organisasi kesehatan dunia, semua perdana menteri negara-negara tetangga menekan dan mengharapkan minta Indonesia, rakyat kita tidak boleh keluar rumah total. Tapi presiden kita tidak tunduk, tidak mau, dan bahkan Indonesia tidak pernah lockdown total seperti negara lain," ungkap Prabowo yang dipercaya menjabat Menteri Pertahanan (Menhan) di Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. 

Menurut Prabowo, keputusan pemerintah, khususnya Presiden Jokowi untuk tidak melakukan lockdown adalah pilihan yang tepat. Hal itu terbukti dari hasil Indonesia bisa mengatasi masalah pandemi dan melewati masa krisis ekonomi lebih cepat dibandingkan dengan negara lain. 

"Alhamdulillah, keputusan itu membawa kita dapat bangkit lebih cepat dari bangsa-bangsa lain. Kita yang selalu dianggap remeh, kita yang selalu dibilang sistem kesehatan kita akan ambruk, ternyata kita bisa bangkit lebih cepat di luar dugaan banyak negara," ucap Prabowo. 

"Kenapa? Karena ternyata kita dapat kerja sama, dapat kompak, dapat bisa bersatu di saat negara dalam keadaan bahaya," pungkasnya. (ds/sumber Sindonews.com)